Jangan Sedih, Sederet Turnamen Internasional Menanti Timnas Indonesia U-19 Usai Piala Dunia U-20 Ditunda

Skuat Timnas untuk 2023 kemungkinan besar harus berubah, terkait dengan usia para pemainnya.

FIFA baru saja memutuskan untuk menunda gelaran di edisi tahun 2021 di Indonesia, karena pandemi virus corona belum mereda di sebagian besar wilayah global.

Timnas U-19 saat ini yang diproyeksikan tampil di hadapan publik sendiri harus melupakan mimpi mereka bermain di Piala Dunia U-20 karena batasan umur.

Nantinya di Piala Dunia U-19 2023 yang berhak bermain adalah pemain kelahiran pada dan setelah 1 Januari 2003 untuk usia maksimal dan 31 Desember 2007 untuk usia minimal.

Namun hingga saat ini FIFA belum menentukan apakah akan memperpanjang batasan umur atau menetapkan aturan yang baru.

Pekerjaan yang dilakukan Pelatih Shin Tae-yong hampir satu tahun dalam mempersiapkan tim harus ditunda dulu. Namun bisa dipastikan para pemain U-19 saat ini akan memiliki banyak turnamen di masa mendatang.

“Kami telah melakukan yang terbaik dalam mempersiapkan diri untuk tampil di Piala Dunia U-20 meski dalam situasi pandemi corona dalam setahun terakhir,” kata Shin Tae-yong, dikutip dari Kantor Berita Yonhap.

“Kemampuan para pemain Timnas U-19 telah meningkat pesat. Saya sangat menantikan Piala Dunia U-20 tahun depan karena secara fisik dan kekuatan mental kami sudah jauh berkembang,” ujarnya menambahkan.

Skuat Timnas U-19 memiliki beberapa agenda yang akan mereka hadapi dalam dua tahun kedepan. Mulai dari Piala Asia u-19 2020 di Uzbekistan yang rencananya digelar bulan Maret 2021 mendatang, hingga Olimpiade Paris 2024.

Sebelum Olimpiade Paris 2024, Timnas U-19 harus menempuh beberapa turnamen untuk bisa meraih tiket tersebut.

PSSI bisa memperkuat skuat Timnas U-19 saat ini dengan tampil diSEA Games 2021 di Hanoi, lalu ada 2022. Jika lolos ke putaran final, Indonesia harus finis di posisi empat besar 2022 untuk bisa mewakili benua Asia tampil di Olimpiade 2024 di Paris.

Para pemain U-19 Indonesia saat ini juga memiliki talenta atau kesempatan dilirik oleh klub luar negeri. Seperti yang sudah didapat oleh Brylian Aldama (HNK Rijeka), Bagus Kahfi (FC Utrecth), Witan Sulaemen (FK Radnik) dan ().

Mereka juga akan menjadi pemain andalan dalam beberapa tahun dari sekarang. Turnamen seperti Piala , kualifikasi Piala Asia bisa mereka jalani.

Sementara itu PSSI mengatakan bahwa para pemain Timnas U-16 asuhan Bima Sakti akan dipersiapkan tampil di ajang Piala Dunia U-20 2023 mendatang di Indonesia. PSSI juga terbuka akan kemungkinan menunjuk Shin Tae Yong untuk menjadi pelatih kepala Timnas U-16.

Berita Terkait