Shin Tae Yong Bisa Ambil Alih Timnas U-16 untuk Piala Dunia U-20 2023

PSSI dan pelatih tengah menyiapkan skema dan program kerja baru setelah peundaan di .

FIFA menunda selama dua tahun atau hingga 2023 turnamen tersebut karena pandemi virus corona masih tinggi di sejumlah negara.

Dengan penundaan ini Indonesia tidak akan diwakili oleh U-19 saat ini asuhan Shin Tae Yong karena batasan umur yang telah lewat.

Timnas U-16 asuhan pelatih Bima Sakti yang akan tampil dalam ajang tersebut. PSSI mengatakan tak menutup kemungkinan Shin Tae Yong yang akan memimpin Timnas U-16 sebagai bentuk persiapan.

“Pertama, untuk yang U-19 berangkat, ada tiga pemain yang masih bisa bermain di 2023. Ada Kakang Rudianto, . Kemudian anak-anak ini juga dari direktur teknik merekomendasi sebagian akan bisa menjadi pemain timnas untuk 2021,” ujar Yunus diwartakan laman Antara.

Namun Yunus mengatakan keputusan itu belum pasti. PSSI dalam waktu dekat akan menggelar rapat komite eksekutif (Exco) untuk membahas program timnas di semua kelompok umur.

“Setelah tahun baru, Ketum PSSI akan menyampaikan ke Exco kembali untuk membuat program penyiapan di tahun yang akan datang, ketika ada perubahan jadwal Piala Dunia,” jelas Yunus.

Timnas U-19 pun akan sepenuhnya fokus pada ajang 9 2020 di Uzbekistan pada bulan Maret 2021 mendatang. Begitu juga dengan Timnas U-16 di U-16 di Bahrain.

“PSSI tetap bertanggung jawab untuk membina anak-anak. Tetapi yang lebih penting, anak anak ini yang akan menjadi cikal bakal masa depan pemain ,” tegas Yunus.

Berita Terkait