Penuhi Kualifikasi FIFA, Gelora 10 November Tinggal Pasang Lampu 800 Lux

Proses renovasi Stadion Gelora 10 November menyambut gelaran Piala Dunia U-20 2021 sudah hampir rampung. Sejumlah item sudah mulai terlihat seperti fasilitas ruang ganti pemain, kamar mandi, jacuzzi, kursi single seat di area tribun VIP, dan rumput lapangan.

Saat ini proses yang masih terus dijalankan adalah pemasangan lampu 800 lux di keempat sudut stadion. Kabid Sarpras Dispora Kota Surabaya, Edy Santoso mengatakan sebenarnya bisa lebih lagi.

“Tapi kalau di sini hanya 800 lux untuk latihan, kalau untuk pertandingan minimal 1800, kalau untuk internasional 2400 lux dan kita pakai uang terbaik,” kata Edy pada Selasa (22/12/20).

“Sekarang posisi tanggal 26 sudah 100 persen untuk memenuhi kualifikasi latihan FIFA sudah 100 persen,” lanjut Edy.

Dikatakannya lagi, selama proses renovasi baik itu Stadion Gelora 10 November dan Stadion Gelora Bung Tomo tidak ada perbedaan. Mulai dari jenis rumput lapangan hingga fasilitas pemain di dalamnya, hanya lampu saja yang berbeda karena GBT memang diperuntukkan untuk pertandingan. Sedangkan Stadion Gelora 10 November untuk latihan.

Sementara itu, proses penggantian rumput lapangan Stadion Gelora 10 November sendiri sudah rampung pada Sabtu (19/12/20) kemarin. Setelah selesai, langsung diuji cobakan dengan menggelar pertandingan persahabatan.

Pertandingan itu sendiri diikuti Persebaya Allstar, sekaligus dalam rangka memperingati satu abad Bung Tomo. Beberapa legenda hidup Persebaya hadir dalam pertandingan itu seperti, Jacksen F Tiago, Mat Halil, Anang Ma’ruf dan Mursyid Effendi. Bahkan pemain yang masih aktif di Liga 1 juga ikut hadir seperti Fandi Eko Utomo dan Wahyu Subo Seto.