Penang FA Berharap Kehadiran Ryuji Utomo Sedot Masyarakat Indonesia

Ryuji Utomo menjadi nama pertama dari Persija Jakarta yang dilepas ke klub luar negeri, tepatnya ke klub asal Malaysia, Penang FA. Kehadiran Ryuji diharapkan bisa membantu klub promosi Liga Super Malaysia itu berprestasi di berbagai aspek.

Didatangkan dengan status pinjaman selama satu musim, Penang yakin pada kualitas Ryuji yang sudah terbiasa bermain di luar Indonesia. Stoper 25 tahun itu juga jadi favorit karena mampu menempati berbagai posisi, di belakang dan sentral.

Menurut manajer Penang, Ong Eng Hua, keberadaan Ryuji juga bisa membantu klub menyedot animo warga negara Indonesia, khususnya yang menetap di Penang. Apalagi reputasi Ryuji belakangan pun sedang melejit seiring panggilan timnas Indonesia.

“Kami mengambil Ryuji karena secara pengalaman dia sudah teruji bermain di luar negeri. Di pernah di Thailand, dan juga bermain di Bahrain,” ungkap Ong Eng Hua, ketika dihubungi.

“Ryuji juga masih muda, dan saya harap kedatangannya mampu menarik minat masyarakat Indonesia di sini yang di mana sangat ramai tinggal di Pulau Penang ini,” sambungnya menambahkan.

Penang sebenarnya ingin menghadirkan Ryuji dengan status permanen, namun yang bersangkutan terikat kontrak kerja sama dengan tim Macan Kemayoran. Meski demikian, ada peluang Penang mempertahankan Ryuji jika segalanya sesuai ekspektasi.

“Saya tidak tahu kapan kontrak Ryuji akan berakhir sehingga kami tidak bisa mempermanenkan dia, tapi ada peluang ke sana,” tutur Ong Eng Hua.

“Kita lihat saja bagaimana Ryuji akan berkiprah bersama Pulau Penang di musim ini. Kalau dia mampu tampil memikat, menunjukkan kualitas terbaik, serta punya banyak kontribusi positif untuk tim, kami pun akan berminat mempermanenkan dia. Kita lihat saja nanti,” tandasnya.

Ryuji memang pernah bermain di Bahrain bersama Al Najma ketika kompetisi Indonesia hiatus pada 2015. Selain itu dia pernah menjajal kompetisi Thailand dengan berseragam PTT Rayong, tepatnya pada 2018.
Artikel dilanjutkan di bawah ini

Selain Ryuji, nama terbaru yang menyeberang ke kompetisi Malaysia adalah gelandang 21 tahun, Syahrian Abimanyu. Pemain yang karib disapa Abi itu gabung tim elite Malaysia, Johor Darul Takzim, dengan kontrak jangka panjang.

Namun bergabungnya Abi tidak akan membuat dia langsung diandalkan JDT. Karena klub berjuluk Harimau Selatan tersebut berminat meminjamkan Abi ke kompetisi negara lain, dengan harapan dapat berkembang dan matang di sana.