PSSI Bakal Untung Setelah Aplikasi AFC Grassroots Charter Diterima AFC

Anggota Bidang grassroots PSSI Aldi Iqbal Tawakkal menyebut beberapa keuntungan dari pengajuan aplikasi PSSI untuk AFC Grassroots Charter yang berhasil diterima oleh AFC Grassroots Panel.

Seperti diketahui, setelah sebelumnya sejak 2018, program sepak bola Grassroots PSSI tidak terekspos ke AFC.

Karena, tidak adanya laporan ke pihak AFC Grassroots Charter. Namun pada akhir tahun ini, pengajuan program-program grassroots PSSI berhasil diterima oleh AFC Grassroots Panel.

“Jadi itu semacam piagam penghargaan dari AFC buat menilai kegiatan sepak bola grassroots yang kami jalankan,” kata Aldi Iqbal kepada Skor.id.

“Keuntungannya kalau pengajuan kami diterima, PSSI dapat semacam endorsement dari AFC untuk kegiatan-kegiatan grassroots kita ke depan.”

Penilaian AFC ini tidak hanya berdasarkan dari kegiatan-kegiatan grassroot di PSSI.

Namun juga dari hasil menganalisis permasalahan yang terjadi pada level akar rumput sepak bola Indonesia dan rencana program ke depan, baik jangka pendek dan jangka panjang.

Aldi Iqbal percaya apabila sepak bola di level grassroot ditangani dengan baik, prestasi sepak bola di level atas akan segera bisa diraih.

“Tugas pokok dari bidang grassroots PSSI ini yaitu merencanakan, menjalankan, mengevaluasi, dan melaporkan kegiatan sepak bola akar rumpur di Indonesia,” ujar Aldi Iqbal.

“Grassroots di sini yang dimaksud sepak bola untuk usia 6-12 tahun ya,” Aldi menambahkan.

Lebih lanjut dikatakan Aldi Iqbal, PSSI sudah menyiapkan program grassroots untuk 2021.

Namun saat ini, dijelaskannya bahwa PSSI akan fokus terlebih dahulu pada pengembangan pelatih.

“Sepak bola grassroots kan misinya bagaimana bikin sepak bola dimainkan sama siapa saja, di mana saja,” kata Aldi Iqbal.

“Tetapi karena kondisi sedang pandemi seperti ini, bakal diprioritaskan untuk menciptakan banyak coach educator-nya dahulu.”

“Kalau di di FIFA Grassroots namanya coach educator, karena selain melatih mereka juga harus menjadi pendidik,” tutur Aldi Iqbal memungkasi.