Pemain Libur Hampir Setahun, Jacksen Tiago Sebut Perjuangan Persipura di Piala AFC 2021 Sangat Berat

telah memutuskan Persipura Jayapura dan Bali sebagai wakil di . Pelatih Persipura, Jacksen Tiago mengaku perjuangan Mutiara Hitam di ajang kasta kedua Asia itu sangat berat.

“Soal peluang berprestasi ada. Tapi sangat, sangat, sangat berat,” ucapnya.

Pelatih asal Brasil itu pun memaparkan berbagai kendala yang dihadapi Persipura di even ini. “Pertama soal materi pemain. Karena saya amati materi kami saat ini warisan lalu. Yang ketika itu saya nilai pemain Persipura berat bersaing di Liga 1. Apalagi nanti kami harus melawan klub di level Asia,” katanya.

Meskipun, lanjut Jacksen Tiago, dkk. harus menapak dari fase playoff menghadapi tim-tim dari Asia Tenggara lebih dulu.

“Setelah materi pemain, kedua calon lawan. Lawan kami di playoff juga tak bisa dipandang sebelah mata. Klub-klub di Asia Tenggara juga bagus-bagus,” ujarnya.

Handicap berikutnya, menurut mantan juru taktik Persebaya ini, faktor kompetisi. Indonesia tak menggelar kompetisi Liga 1 musim 2020. Bagi Jacksen, ini sangat berpengaruh besar pada kinerja individu dan tim.

“Di babak play-off saya lihat ada Lalenok FC dari Timor Leste. Dari rangking FIFA dan klub, Timor Leste masih di bawah Indonesia. Tapi Federasi Timor Leste sudah memutar kompetisi. Otomatis pemain mereka mulai terasah di pertandingan resmi. Sementara anak-anak Persipura sama sekali tak merasakan atmosfer Liga 1,” ucapnya.

Kendati begitu, Jacksen Tiago masih optimistis karena baru diputar Mei 2021.

“Saya sudah ditelepon Ketum Persipura Tomi Mano agar menyiapkan rencana. Instruksinya, kami harus segera bergerak menyambut Piala AFC. Saya kira waktu hingga Mei nanti cukup untuk menyiapkan tim. Kendalanya soal uji coba dan pertandingan resmi untuk menempa Persipura sebelum tampil di Piala AFC,” jelasnya.

Modal lain yang dimiliki Jacksen Tiago dan Persipura adalah pengalaman beberapa kali berkiprah di level Asia.

“Ketika teken kontrak, target dan misi saya membawa Persipura ke level Asia. Saya kira pengurus, pemain, dan publik Jayapura sudah pengalaman dengan level itu. Jadi kami telah punya gambaran segala sesuatu yang disiapkan untuk Piala AFC nanti,” pungkasnya.

Berita Terkait