Jack Brown Cedera Lutut & Terancam Absen Di Piala Asia U-19

Kabar kurang menggembirakan datang dari tim nasional Indonesia U-19 setelah Jack Brown dikonfirmasi mengalami cedera lutut saat menjalani latihan di Jakarta akhir pekan lalu.

Gelandang keturunan Inggris ini memang sedang menjalani pemusatan latihan di skuad Shin Tae-yong, yang sudah berlangsung sejak awal Desember lalu.

Sayang, cedera lutut mengharuskannya menepi selama beberapa waktu. Hasil pemindaian magnetic resonance imaging (MRI) menunjukkan hasil yang mengkhawatirkan, karena Jack berpotensi mengalami cedera lutut parah

“Begitu Jack Brown cedera, kami langsung melakukan perawatan dan proses MRI,” kata dokter timnas U-19 Dicky Mohammad Shofwan seperti dikutip dari laman PSSI.

“Dari hasil awal pemeriksaan MRI, ada gambaran cedera di anterior cruciate ligament (ACL) dan meniscus-nya pada lutut kirinya.”

Kini, timnas U-19 masih menunggu kepastian hasil tes medis selanjutnya, untuk menentukan apakah Jack harus naik ke meja bedah atau tidak.

“Dua pekan setelah pemeriksaan awal MRI, ia akan kembali di MRI lagi. Saat ini ia harus beristirahat dan melakukan terapi dahulu. Namun kami juga berkoordinasi dengan dokter ortopedi, apakah ia harus operasi atau tidak,” tambah Dicky.

Jika dioperasi, Jack bisa absen selama berbulan-bulan lamanya. Itu artinya, mantan pemain Lincoln City U-18 ini terancam tak bisa memperkuat Garuda Muda ketika berlaga di Piala Asia U-19 pada Februari 2021 atau bahkan di Piala Dunia U-20 yang digelar di Indonesia pada Mei-Juni 2021.

Jack sendiri mengakui bahwa cedera yang baru saja didapatnya ini merupakan risiko dari seorang pesepakbola profesional.

“Tentu saya sedih karena tidak bisa menjalani latihan bersama teman-teman timnas U-19. Namun saya harus tetap bersemangat, melakukan proses terapi penyembuhan dengan baik dan berharap cedera saya cepat sembuh,” kata Jack.

Sebelumnya, sudah ada dua pemain yang harus meninggalkan pemusatan latihan timnas U-19 karena cedera, yakni Beckham Putra dan Rizky Sudirman.

Saat ini, Indonesia U-19 arahan Shin Tae-yong terus bersiap jelang keberangkatan mereka ke Spanyol untuk melakoni pemusatan latihan.