Ryuji Utomo Jalani Karantina Di Kuala Lumpur

Palang pintu asal , Ryuji Utomo, bersama pemain dan pelatih anyar asing harus menjalani karantina terlebih dulu sebelum mengikuti latihan bersama Penang FC sebagai persiapan menghadapi Super League (MSL) 2021.

Ryuji tampil memperkuat Penang dengan status pinjaman dari hingga akhir musim. Satu pemain asing anyar lainnya yang direkrut Penang adalah striker Uzbekistan, Sheriddin Boboev. The Panthers juga mendatangkan pelatih baru, Tomas Trucha.

Namun Ryuji yang telah tiba di Malaysia belum bisa mengikuti latihan tim. Ia harus menjalani karaninta terlebih dulu sesuai dengan peraturan pemerintah Negeri Jiran terhadap warga negara asing (WNA) yang datang ke Malaysia.

Penang telah memulai latihan perdana hari ini di Stadium Mini Permatang Rawa di bawah kendali asisten pelatih Manzoor Azwira Abdul Wahid. Latihan ini hanya diikuti pemain lokal. Sedangkan pemain asing yang dipertsahankan, yakni Endrick dos Santos Parafita dan Anselmo ‘Casagrande’ Arruda da Silva belum tiba.

“Sesi latihan tim yang digelar di Stadium Mini Permatang Rawa di bawah kendali asisten pelatih Manzoor Azwira Abdul Wahid pagi tadi,” demikian pernyataan Penang melalui akun Instagram resmi klub.

“Pemain bertahan dari Indonesia Ryuji Utomo yang sedang menjalani karantina wajib di Kuala Lumpur diperkirakan akan bergabung dengan tim pada 28 Desember. Sedangkan pelatih Tomas Trucha diperikirakan akan tiba di Pulau Pinang pada 29 Desember ini.”

Sementara itu, manajemen Penang menyambut gembira keputusan kementerian pemuda dan olahraga () Malaysia dan pengelola liga, Malaysia Football League (MFL), terkait kehadiran penonton di tribune pada musim 2021.

Diwartakan sebelumnya, Malaysia Datuk Seri Reezal Merican Naina Merican menyatakan, Dewan Keamanan Nasional (MKN) berencana menerapkan pola hidup norma baru yang dilaksanakan Perintah Pengendalian Gerakan (PKP). Salah satu norma baru itu adalah kegiatan olahraga dapat disaksikan penonton di tribune.

Salah satu pertimbangan memunculkan wacana itu adalah tidak adanya kasus pandemi virus Corona di sepakbola. Seperti diketahui, MSL musim 2020 suskes dilanjutkan hingga akhir tanpa kendala apapun, meski Piala Malaysia terpaksa dibatalkan.

Kendati demikian, tidak seluruh negara bagian bisa menghadirkan penonton di tribune. Manajemen Penang menyebutkan, hanya negara bagian dengan status perintah kawalan pergerakan pemulihan yang dapat menggelar kegiatan olahraga dengan kehadiran penonton.

“Efektif 1 Januari 2021, pemerintah telah memperbolehkan batas kehadiran [penonton] maksimal 10 persen dari kapasitas venue pertandingan di wilayah status PKPP. Sedangkan wilayah status PKPB (perintah kawalan pergerakan bersyarat) masih tidak diizinkan,” tulis manajemen Penang.

Berita Terkait