Masalahnya Dilimpahkan ke AFC, Persipura Jayapura Kritik Keras PSSI

Jayapura mengkritik keras setelah masalahnya dilimpahkan ke konfederasi sepak bola Asia (AFC).

Saat ini, kisruh antara Persipura Jayapura dengan PSSI terkait keputusan wakil Indonesia di kini tengah menjadi polemik di masyarakat.

Persipura Jayapura merasa aneh dengan ketetapan utusan Indonesia di 2021yang telah diresmikan oleh PSSI pada 16 Desember 2020.

Dalam kebijakan PSSI tersebut menunjuk Bali United dan Jakarta yang akan tampil di Piala AFC 2021, keputusan ini pun dinilai janggal oleh Persipura Jayapura.

Satu hal yang cukup membuat Persipura terheran yakni alasan dengan penunjukkan PSSI kepada Persija sebagai wakil Indonesia di Piala AFC 2021.

PSSI sendiri memilih Persija Jakarta sebagai salah satu utusan Indonesia di Piala AFC 2021 nanti dikarenakan Macan Kemayoran berstatus runner up Piala Indonesia 2018/2019.

Persipura Jayapura memandang alasan itu tidak sejalan dengan regulasi AFC yang dijabarkan pada Entry Manual for AFC Club Competitions 2021 dalam pasal sembilan tentang sporting criteria.

Sehingga, Persipura saat ini meminta PSSI untuk menjelaskan dasar dari hasil rapat yang menentukan Bali United dan Persija Jakarta sebagai wakil Indonesia di Piala AFC 2021.

Tim dengan julukan Mutiara Hitam tersebut pun telah mengirimkan surat sebanyak dua kali kepada PSSI.

Namun, PSSI belum membalas itikad dari Persipura Jayapura yang mempertanyakan dasar penetepan Bali United serta Persija.

Persipura Jayapura melalui asisten manajernya, pun akhirnya mengirimkan pesan secara pribadi kepada Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi untuk mempertanyakan hal tersebut.

Yunus Nusi pun menjawabnya dengan mengatakan PSSI sedang menunggu konfirmasi dari AFC.

“Saya secara pribadi melakukan komunikasi dengan Plt Sekjen (PSSI) dan beliau sampaikan:’oke kakak, kami sedang menunggu konfirmasi dari AFC,” kata Ridwan Bento Madubun kepada BolaSport.com, 18 Desember 2020.

Usut punya usut, ternyata PSSI telah menyampaikan protes Persipura Jayapura kepada PSSI.

Hal ini pun membuat Persipura bingung karena pihaknya merasa berurusan sama PSSI, bukan dengan AFC.

Persipura Jayapura meminta PSSI untuk menjelaskan dasar yang digunakan memilih Bali United dan Persija Jakarta sebagai wakil Indonesia di Piala AFC 2021 beberapa waktu lalu.

Namun jawaban yang diminta Persipura itu belum dijawab, meskipun Ridwan Bento Madubun menilai PSSI diisi oleh orang pintar dan hebat.

“Loh, kenapa harus menunggu konfirmasi dari AFC ? Kami tidak ada urusan dengan AFC. Urusan kami dengan PSSI. Kami mempertanyakan kenapa PSSI menunjuk dua tim ini (Bali United dan Persija). Tidak ada kaitannya dengan AFC,” ujar Ridwan Bento Madubun.

“Apapun hasil konfirmasi dari AFC itu sudah tidak penting bagi kami. Yang penting bagi kami adalah apa dasar PSSI menunjuk,” tutur Bento.

“Padahal, di PSSI itu orang pinter dan hebat semua,” kata asisten manajer Persipura tersebut.

Berita Terkait