Persipura: Exco PSSI Kok Tak Ada yang Paham Manual AFC?

Persipura Jayapura mempertanyakan keputusan PSSI menunjuk Persija Jakarta ke Piala AFC 2021. Merujuk ketentuan AFC, seharusnya Mutiara Hitam yang ditunjuk.

Sebagai bentuk protes, Persipura melayangkan surat ke PSSI untuk mempertanyakan hal itu. Mereka meminta penjelasan PSSI atas keputusan mereka menunjuk Persija.

Manajemen Persipura heran PSSI tak mengacu ke ketentuan AFC. Padahal, AFC punya Entry Manual for AFC Club Competition 2021 yang khusus mengatur hal ini.

Persija ditunjuk bersama Bali United setelah PSSI menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco) pada, Rabu (16/12/2020). Alasan PSSI, Persija runner-up Piala Indonesia. Sedangkan Bali United juara Shopee Liga 1 2019.

“PSSI melalui rapat Exco mengeluarkan keputusan itu, pertanyaannya, apa keputusan itu berdasarkan manual AFC atau ada hal lain. Ini yang kami tidak tahu, kalau ada dasar lain tolong jelaskan,” kata Asisten Manajer Persipura Bento Madubun kepada detikSport.

“Kan ada banyak orang di Exco sekitar 12-15 orang, bayangkan sebanyak itu masa sih nggak ada yang tahu manual (AFC). Itu yang membuat kami bertanya-tanya,” ujarnya heran.

Persipura siap menerima apapun keputusan PSSI andai mendapat penjelasan dan pertimbangan yang dirasa masuk akal. Mereka kini menunggu jawaban dari PSSI setelah mengirim surat resmi ke federasi.

Bagi Persipura, ini bukan hanya soal hak mereka saja yang dirampas. Publik sepakbola Indonesia juga mempertanyakan keputusan PSSI.

“Jadi bukan hanya kami yang ingin tahu, publik sepakbola Indonesia juga ingin tahu dasarnya apa. Ada acuan yang mendasari itu seharusnya,” tutur Bento Madubun.

“Kalau dirasa ini hal yang tak bisa disampaikan ke publik, silakan disampaikan alasan itu. Atau bicara secara internal antara klub dan federasi, kan bisa seperti itu. Kami menunggu jawaban dari surat kami,” ucapnya.