Mantan Kapten Persib Tanggapi Keputusan Febri Tolak Tawaran Tim Thailand

Mantan kapten Persib Bandung, Firman Utina, merespons kabar terkait Febri Hariyadi yang menolak tawaran bermain di Liga Thailand.

Beberapa waktu lalu pelatih Persib, Robert Rene Alberts, mengonfirmasi soal tawaran resmi yang diajukan klub Thailand kepada Persib untuk meminang Febri dengan status pinjaman.

Pelatih asal Belanda itu juga menginformasikan, tawaran tersebut telah ditolak Febri.

Alasannya ialah karena status penawaran yang diajukan klub tersebut. Pertimbangan lainnya, kiprah Febri di Thailand tidak akan berlangsung lama.

Sebab, winger 23 tahun itu harus kembali ke Persib sebelum Februari 2021 karena lanjutan Liga 1 2020 akan bergulir. Artinya, “masa edar” Febri di Liga Thailand hanya akan berlangsung selama satu hingga dua bulan saja.

Menurut Firman, secara etika dan aturan, tidak ada yang salah dengan keputusan Febri menolak tawaran tersebut.

Pemain memang memiliki hak untuk menolak tawaran dari klub yang meminatinya. Hal itu lumrah terjadi dalam proses transfer pemain di dunia sepak bola profesional.

Apalagi, jika pemain yang bersangkutan masih memiliki kontrak dengan klub lamanya. Etikanya, pemain tersebut harus menghormati kontraknya bersama klub yang dibelanya.

Karena itu, ketika ada tawaran dari klub lain, pemain tersebut juga harus melibatkan klub asal.

“Menolak tawaran bukan semata-mata dari pemain sendiri, tetapi ini hubungannya juga dengan klub. Kalaupun pemain itu masih ada kontrak dengan klub, si pemain itu harus menghargai kontrak,” kata Firman kepada wartawan, belum lama ini.