Daftar Gaji Pemain Bola Indonesia, Siapa Tertinggi?

DENGAN semakin berkembangnya sepakbola dari sekadar olahraga menjadi industri, membuat para atlet pun kini mulai lebih dihargai, terutama dalam segi pendapatan. Hal tersebut terjadi pula di .

Ya, pesepakbola pun mendapatkan mulai bisa hidup layak dengan penghasilan ia dapatkan. Bahkan terdapat beberapa pesepakbola Tanah Air yang mendapatkan gaji selangit dari klub yang dibelanya masing-masing.

Sejauh ini, pemain andalan Bali United, yakni Stefano Lilipaly, menjadi pesepakbola Indonesia dengan gaji terbesar. Ya, menurut laman Transfermarkt, Lilipaly mendapatkan gaji sebesar 350 ribu euro atau sekira Rp5,6 miliar setiap tahunnya bersama Bali United.

Besarnya nominal yang didapatkan Lilipaly tersebut memang tidak mengherankan. Pasalnya, Lilipaly memang memberikan dampak luar biasa sejak direkrut dengan mengantarkan Bali United menjuarai Liga 1 edisi 2019. Ia juga kini menjadi tulang punggung tim nasional (Timnas) Indonesia.

Setelah Lilipaly, terdapat winger lincar milik , yakni . Ya, Febri memang sejak awal kemunculannya hingga kini berhasil membuat para penggemar Persib jatuh hati dengan aksi-aksinya di atas lapangan.

Dengan statusnya sebagai Ikon skuad Maung Bandung –julukan Persib, wajar apabila Febri diganjar gaji selangit oleh klubnya. Ya, pemain berusia 24 tahun tersebut mendapatkan gaji sebesar 325 ribu euro atau sekira Rp5,2 miliar per tahunnya.

Gelandang andalan , Darmono, juga menjadi salah satu pesepakbola dengan gaji terbesar. Ya, menurut laman Transfermarkt mantan kapten tersebut digaji sebesar 300 ribu euro atau sekira Rp4,8 miliar di setiap musimnya bersama .

Selain Evan Dimas, Persija juga memberikan gaji besar kepada winger lincah miliknya, yakni Riko Simanjuntak. Pemain berjuluk si Kancil tersebut memang berhasil jadi andalan Persija sejak direkrut pada 2018. Kondisi itu mewajarkan jika Persija rela menggaji Riko dengan nominal sebesar Rp4,8 miliar.

Persija nampaknya memang menjadi klub paling berani memberikan gaji selangit kepada para pemainnya. Setelah Evan Dimas dan Riko, masih ada satu pemain Persija yang juga mendapatkan gaji selangit.

Adalah kiper sekaligus kapten skuad Macan Kemayoran –julukan Persija, yakni Ardhiyasa, yang juga mendapatkan gaji selangit. Ya, menurut laman Transfermarkt, Andritany mendapatkan gaji sebesar 300 ribu euro atau sekira Rp4,8 miliar setiap musimnya oleh Persija.

Berita Terkait