Bentuk Fisik, Pemain Timnas U-16 ‘Disiksa’ dengan Latihan di Gym

Para pemain U-16 yang dipanggil ke pemusatan latihan di Yogyakarta mendapat latihan fisik dengan intensitas tinggi untuk membentuk fisik. Mereka dilaporkan menjalani sesi gym hotel tempat tim menginap.

Pelatih fisik , Gilang menjelaskan kegiatan tersebut sangat penting untuk melihat kekuatan fisik para pemain. Materi dan target yang diberikan ke pemain pun berbeda sesuai analisa yamg dilakukan.

“Kami berlatih di gym mengenai repetisi maksimal, kami mau melihat beban maksimal dari tiap-tiap pemain, untuk mengetahui program dari masing-masing anak. Tiap anak mempunyai beban maksimal yang berbeda-beda, jadi nanti setelah ini didapat dan kami akan coba bagi mereka per itemmya mulai dari strength, power, sampai nanti polymatric,” jelasnya.

“Setiap posisi pun akan berbeda-beda, contoh kiper, mereka lebih kuat di tangan dan bahu. Sementara posisi lain lebih kuat di leg press nya, karena otot quadriceps nya. Malahan hamstring mereka kurang kuat, 3 banding 1 dengan kekuatan otot kaki depannya,” imbuhnya.

Gilang mengungkapkan kondisi fisik para pemain dalam TC yang sudah meningkat sejauh ini. U-16 dinilai butuh laga uji coba dengan lawan yang jauh lebih tangguh, agar tim pelatih bisa menilai secara detail perkembangan tim keseluruhan.

“Kondisi anak-anak selama TC saya bilang luar biasa perkembangannya. Sebenarnya kami tinggal tunggu melihat lawannya saja. Kalau internal game, kita kan tahu lawannya,” tuturnya.

“Kondisi fisik mereka lagi naik, karena kami juga sudah beberapa kali treatment latihan endurance, speed sama latihan strength. Jadi kami seminggu itu selalu ada latihan tiga item tersebut,” tutup Gilang.

Timnas U-16 melakukan pemusatan latihan sebagai persiapan jelang 6 pada awal tahun depan. Ada 26 pemain yang dipanggil oleh pelatih kepala, .

Berita Terkait