Tolak Tawaran Tim Thailand, Robert Alberts Bela Febri Hariyadi

Keputusan Febri Hariyadi menolak tawaran tim asal Thailand menimbulkan pro dan kontra. Bagi pihak yang kontra, Febri dianggap menyia-nyiakan kesempatan berlaga di salah satu kompetisi terbaik di Asia.

Pelatih Persib, Robert Alberts mencoba membela pilihan yang diambil Febri.

Menurut Robert, pemainnya itu telah membuat keputusan yang paling bijak.

Robert teringat saat masih melatih PSM Makassar, beberapa tahun yang lalu.

Ketika itu, Ferdinand Sinaga yang masih bermain untuk PSM memutuskan hengkang ke tim asal Malaysia, Kelantan FA.

Robert mengatakan saat itu dirinya memperkirakan kalau Ferdinand tidak akan kerasan bermain di Kelantan.

“Saya mengetahui kepribadian Ferdinand dan tahu lingkungan di Kelantan. Saya katakan dengan jelas kepada Ferdinand tidak akan lama di sana karena saya tahu sepakbola Malaysia,” kata Robert.

“Saya katakan padanya tetap membuka tempat (kembali) karena tahu dia akan kembali secepatnya dan itu terjadi, dia hanya berada kurang dari tiga bulan. Ferdinand menghubungi saya, apakah masih ada tempat untuk kembali ke Makassar karena dia tidak bisa bekerja dengan baik di Malaysia,” tutur Robert menambahkan.

Dari pengalaman yang dialami Ferdinand, Robert meminta para pemain yang ingin bermain di luar Indonesia untuk mempertimbangkan banyak hal.

“Bisa dilihat beberapa pemain Indonesia mencoba pergi ke Malaysia tetapi mereka sudah kembali sekitar kurang lebih semusim saja. Jadi penting mempertimbangkan klub apa yang dipilih, ada contoh bagus seperti Bambang (Pamungkas) yang pergi ke Selangor dan punya reputasi bagus,” ujarnya.

“Karena selain dia pemain yang bagus, dia juga mempunyai kepribadian bagus yang bisa dengan mudah menyesuaikan diri dengan pemain lainnya dan juga lingkungan yang sulit. Jadi itu hal yang rumit, bukan hanya pergi ke suatu tempat tapi juga bagaimana memilih tempat yang tepat kemana kamu akan pergi dalam sudut pandang karir,” kata Robert.