Persebaya Tidak Berdaya, Makan Konate Segera ke Malaysia

Surabaya kabarnya bakal kehilangan satu pemain asing lagi. Setelah striker asal Brasil, , berpamitan, kini giliran Makan Konate yang makin santer menuju pintu keluar Bajul Ijo.

Gelandang berpaspor Mali itu diperbincangkan bakal meneruskan kariernya di 2021. menjadi klub terdepan yang ingin mengamankan jasa pemain berusia 29 tahun itu.

Makan Konate masih bungkam saat dimintai keterangan mengenai kabar yang berembus selama dua pekan terakhir ini. Sekretaris , , mengirim kode bahwa pemain yang berstatus kapten Bajul Ijo itu memang kemungkinan hengkang.

“Persebaya dalam kondisi tidak berdaya. Jangankan memperpanjang kontrak pemain, untuk menahan pemain agar tidak pergi saja sulit. Masalahnya, kompetisi tidak jalan. Siapa yang bisa menjamin? PSSI saja tidak bisa menjamin,” kata Ram kepada Bola.com, Kamis (10/12/2020).

Ketidakjelasan lanjutan Shopee Liga 1 2020 disebut-sebut sebagai alasan Makan Konate memiliki niat hengkang dari Persebaya Surabaya dan berkarier di Negeri Jiran. Sampai sekarang, PSSI dan PT sendiri memang belum memberi kepastian kapan kompetisi kasta tertinggi itu digelar kembali.

Sementara itu, Super League 2020 sudah selesai dihelat meski hanya memainkan satu putaran saja. Johor Darul Ta’zim menjadi kampiun kompetisi tersebut untuk kali ketujuh secara berturut-turut.

Musim depan, Malaysia Super League 2021 akan kembali digelar dan klub-klub Malaysia mulai bersiap-siap menyambutnya. Situasi ini menyulitkan klub Indonesia yang berusaha menahan pemain asing seperti yang dialami Persebaya Surabaya.

“Ini bukan karena masalah yang ada di Persebaya, tapi ada faktor luar. Ironisnya, PSSI dan PT LIB sebagai dua lembaga yang punya otoritas tidak bisa memberi kepastian. Dalam kasus David, ya sudah mau bagaimana lagi. Konate juga, ini soal kesempatan mereka,” ucap Ram.

Situasi yang terjadi di kompetisi Tanah Air ini membuat sejumlah pemain mulai dikaitkan dengan klub Asia Tenggara. Sebut saja Febri Hariyadi menolak tawaran klub Thailand. Evan Dimas dan juga dikabarkan sedang didekati klub Malaysia.

Berita Terkait