Pelatih Persib Tak Ingin Kasus Ferdinand Sinaga di Liga Malaysia Terulang ke Febri Hariyadi

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts teringat cerita soal Ferdinan Sinaga yang hanya bertahan 3 bulan saja di Liga Malaysia, saat memberi pesan kepada Febri Hariyadi.

Pemain Persib Bandung, Febri Hariyadi baru-baru ini menolak tawaran dari klub Thailand.

Pengakuan tersebut diungkapkan sang pelatih, Robert Rene Alberts lewat rilis resmi klub.

Roberts menyatakan bahwa Febri sempat mengaku kepada dirinya bahwa ia mendapat tawaran dari Thailand.

Namun, Febri menolak tawaran itu karena dirinya hanya berstatus sebagai pemain pinjaman dari Persib.

“Tawaran resmi yang kami terima adalah dari sebuah klub Thailand untuk Febri (Hariyadi). Saya telah berbicara secara langsung dengan Febri tentunya,” ucap Alberts dilansir BolaSport.com dari situs resmi Persib pada Selasa (8/12/2020).

“Setelah kami berdiskusi, Febri mengatakan bahwa dia belum siap untuk pindah ke Thailand.”

“Alasannya karena dia harus pergi dengan status pinjaman dan dia melihat liga di Indonesia kabarnya akan dimulai pada bulan Februari tahun depan,” tambahnya.

Sebagai pelatih, Robert sebenarnya mendukung para pemainnya menjajaki karier di luar negeri.

Hanya saja, tekad Febri sendiri untuk tetap bertahan di tim berjuluk Maung Bandung masih bulat.

“Jika Febri pergi tentu itu menjadi kehilangan besar bagi Persib karena dia adalah pemain homegrown (pemain didikan klub) dengan banyak kemungkinan berkembang menjadi pemain besar bagi klub maupun Indonesia,” ujar Robert Alberts dikutip dari Tirbun jabar.

Menurut Robert Rene Alberts, pemain yang ingin berkarier di luar negeri perlu mempertimbangkan dengan benar klub mana yang mereka tuju.

“Saran saya untuk pemain adalah ketika mereka mendapatkan tawaran pergi ke luar Indonesia, yang pertama ialah mari duduk bersama. Melihat negara mana yang menawar kamu dan, klub apa yang menawar kamu,” ujar Robert.

Ia pun teringat cerita mengenai Ferdinand Sinaga yang berkarier di Liga Malaysia saat dirinya melatih PSM Makassar 2018 lalu.

Ferdinan Sinaga hanya bertahan 3 bulan di Kelantan FA, dan Robert Rene Alberts sudah memprediksinya.

“Saya beri contoh ketika Ferdinand Sinaga di Makassar mendapat tawaran pergi ke Malaysia membela Kelantan. Saya mengetahui Ferdinand, kepribadian Ferdinand, dan tahu lingkungan di Kelantan,” ucapnya.

“Saya katakan dengan jelas kepada Ferdinand bahwa dia tidak akan lama berada di sana karena saya tahu sepak bola Malaysia. Saya katakan padanya tetap membuka tempat (kembali) karena tahu dia akan kembali secepatnya dan itu terjadi, dia hanya berada kurang dari tiga bulan.”

“Jadi penting mempertimbangkan klub apa yang dipilih,” imbuhnya.

Ferdinand Sinaga saat itu menandatangani kontrak pada awal Januari 2018, namun memilih megundurkan diri pada Maret 2018.

Alasan pengundurannya Ferdinand berkaitan dengan faktor keluarga.

Saat itu, istrinya akan melahirkan dalam waktu dekat.

Ferdinan Sinaga tercatat hanya tampil sebanyak 5 pertandingan dan tidak mencetak satu gol pun bersama Kelantan FA di Liga Super Malaysia 2018.