Kerap Dimainkan Ipswich Town, Apakah Elkan Baggott Ikut TC Timnas Indonesia U-19 Di Spanyol?

Timnas Indonesia U-19 punya rencana untuk menggelar pemusatan latihan (TC) di luar negeri, tepatnya Spanyol. Hal tersebut sudah dikonfirmasi oleh PSSI, namun masih menunggu rencana lebih dalam.

Pelatih Shin Tae-yong masih berada di Korea Selatan, dan baru akan tiba di Indonesia pada 11 Desember. Jika Tae-yong sudah tiba, maka akan lebih jelas bagaimana roadmap timnas U-19 pada Desember ini.

Jika memang jadi bertolak ke Spanyol, maka ada beberapa pemain yang statusnya tanda tanya. Itu lantaran, mereka tengah sibuk bersama klub masing-masing yang berkompetisi di Eropa, dari Inggris, hingga Serbia.

Elkan Baggott menjadi salah satu nama yang diandalkan timnas U-19 selama TC Kroasia lalu. Namun pemain keturunan Inggris ini juga sibuk membela Ipswich Town U-18, dan baru saja membantu klubnya menang.

Stoper jangkung setinggi 194 cm itu tampil di lini belakang Ipswich Town pada ajang FA Youth Cup melawan Fulham U-18. Laga tersebut merupakan putaran keempat dari turnamen, dan berlangsung sengit hingga akhir.

Imani Lanquedoc (menit ke-17) dan Mika Biereth (26′) sempat membuat Fulham memimpin atas Ipswich, yang akhirnya tetap berjuang dan mampu membalas lewat gol Brooklyn Kabangolo (49′), Liam Gibbs (89′-pen), dan Harley Curtis (90+3).

Bersama Liam Gibbs, Elkan menghuni jantung pertahanan Ipswich Town dan mendapat kredit dari manajer mereka, Adem Atay. Keduanya diharapkan terus berkembang dan kembali mendapat kans tampil untuk skuad senior.

“Ketika mereka bermain, mereka tak cuma sekadar ada di tim, kami ingin mereka membuat tim ini menjadi lebih baik. Mereka tak bermain untuk mencetak gol,” kata Adem.

“Sangat penting bagi kami melanjutkan hal ini, Elkan dan Liam harus senang dengan perkembangan yang mereka tunjukkan,” sambung Adem melanjutkan.

Selain Elkan, ada juga Witan Sulaeman yang berkarier di Serbia dengan Radnik Surdulica. Ada juga Brylian Aldama yang baru merapat ke klub Kroasia, HNK Rijeka, dan telah meninggalkan TC Jakarta sejak akhir November lalu.

“Kalau masalah pemain yang bermain di luar negeri nanti ikut TC [luar negeri] atau tidak, itu ditunggu kabarnya. Karena kami masih menunggu arahan dari Shin Tae-yong,” ujar asisten pelatih timnas U-19, Nova Arianto, ketika dihubungi media.