Kehadiran Pelatih Kiper Baru Borneo FC Pacu Semangat Gianluca Pandeynuwu

Borneo FC telah meresmikan Jorge Rodriguez sebagai pelatih kiper baru. Kehadiran sosok asal Uruguay tersebut membuat Gianluca Pandeynuwu, termotivasi menunjukkan kualitasnya.

Rodriguez dikontrak Borneo FC selama satu tahun dengan opsi perpanjangan. Ia menggantikan posisi Carlos Salomao, yang memutuskan berpisah dari klub asal Samarinda tersebut.

Kebersamaan Salomao dengan Borneo FC terbilang singkat. Ia didatangkan pada awal tahun ini untuk mengisi tempat Luizinho Passos, yang memilih hengkang ke Persib Bandung.

“Saya sudah merasakan banyak sentuhan pelatih kiper selama karier menjadi pesepakbola ini. Rasanya tidak ada masalah terkait pelatih baru ini dan saya sangat tertantang untuk menunjukan diri,” kata Gianluca dikutip laman resmi klub.

Pesepakbola asal Manado tersebut berharap kedatangan Rodriguez, bisa membuat para kiper Borneo FC semakin bagus. Selama ini Pesut Etam selalu bisa mencetak penjaga gawang yang berkualitas.

“Kita tahu semua bagaimana Borneo FC selalu mengorbitkan kiper menuju timnas [Indonesia], saya berharap tahun depan bisa terulang kembali,” ujarnya.

Saat masih aktif bermain Rodriguez pernah membela klub Argentina, Cile, hingga Paraguay. Ia memutuskan gantung sepatu pada usia 44 tahun, yang mana Colon FC menjadi kesebelasan terakhir dibelanya.

Keputusan Borneo FC mendaratkan Rodriguez, terbilang berani. Mengingat, hampir seluruh klub yang ada di Indonesia sedang mengalami krisis keuangan karena terhentinya Liga 1.

Sampai sekarang belum ada kepastian dimulainya kembali Liga 1. Meski PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), berencana menggelar kompetisi sepakbola kasta teratas nasional pada Februari tahun depan.

Hanya saja, rencana tersebut belum tentu terealisasi, karena tergantung izin dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Tanpa adanya hal tersebut Liga 1 tidak bisa dilangsungkan.

Liga 1 musim ini sempat berjalan sebanyak tiga pekan. Namun, pada pertengahan Maret lalu, PSSI memutuskan untuk menghentikannya karena pandemi virus corona melanda Indonesia.

Sebelum Liga 1 dihentikan, Borneo FC tampil impresif. Sultan Samma dan kolega berhasil meraih dua kemenangan atas Persipura Jayapura dan Persela Lamongan, sementara satu laga lainnya dikalahkan Persija Jakarta.

Raihan tersebut membuat Borneo FC untuk sementara menduduki peringkat tiga dengan koleksi enam poin. Borneo FC tertinggal tiga angka dari Persib Bandung yang berada di pucuk.