Bima Sakti Benahi Permainan Timnas Indonesia U-16

Pelatih timnas Indonesia U-16 Bima Sakti menjadikan pemusatan latihan (TC) di Sleman sebagai kesempatan untuk mempertajam permainan anak asuhnya berdasarkan hasil evaluasi dan uji coba.

Bima sebelumnya telah memanggil 26 pemain untuk mengikuti program latihan sepanjang Desember. Penggawa timnas U-16 kemarin menjalani latihan perdana TC bulan ini di .

Bima mengatakan, meski ingin mempertajam permainan timnas U-16, ia belum memberikan latihan taktikal kepada anak asuhnya, mengingat mereka baru berkumpul lagi setelah diliburkan selama beberapa hari.

Penggawa timnas U-16 perlahan akan mendapatkan latihan taktikal, mengingat pelaksanaan Piala Asia di kelompok usia ini makin dekat. Latihan tersebut berkaca dari hasil evaluasi, termasuk uji coba melawan () U-16 beberapa waktu lalu.

“Intensitas latihan yang kami lakukan masih sedang. Ini masih awal latihan setelah libur beberapa hari dari sejak TC sebelumnya, jadi belum banyak materi terkait taktik,” ungkap Bima dilansir laman resmi .

“[Tapi] Latihan perdana ini kami isi dengan small sided game, drill masalah penguasaan bola dan juga transisi negatif. Kami masih terus mempertajam permainan tim, serta terus evaluasi diri dari beberapa pemusatan latihan sebelumnya, dan juga dari dua kali uji coba melawan UEA U-16.”

akan berlangsung hingga 23 Desember 2020. Ini menjadi rangkaian persiapan skuad Garuda Asia sebelum bertolak ke Bahrain pada awal tahun depan. Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, dan Tiongkok.

Bima memanggil 26 pemain untuk TC di Sleman. Namun dari daftar yang dirilis, tidak terdapat nama M Valeroen. Selama ini, gelandang Bandung U-16 itu menjadi langganan di TC timnas U-16.

Valeroen mengaku tidak terlalu kecewa dengan keputusan Bima. Pemain Maung Ngora ini menjadikan itu sebagai pelecut agar dirinya meningkatkan kualitas menjadi lebih baik, sehingga diharapkan menarik perhatian Bima untuk dibawa ke Bahrain.
Artikel dilanjutkan di bawah ini

“Pemanggilan itu keputusan pelatih, saya bisa menerima. Sekarang saya memotivasi diri, memperbaiki kekurangan agar bisa secepatnya balik lagi ke timnas,” ucap Valeroen dikutip laman resmi klub.

“Di pemusatan sebelumnya, semuanya berjalan lancar dan enggak ada kendala. Saya juga enggak ada cedera, jadi mungkin ini soal kebutuhan timnas saja. Siapapun yang dipanggil, saya tetap akan mendukung timnas dan kita saling mendoakan saja.”

Berita Terkait