Timnas U-16 Indonesia Kembali Gelar TC, Bima Sakti Soroti Kekurangan Timnya

Tim nasional U-16 Indonesia akan kembali menggelar pemusatan latihan di Sleman, Yogyakarta, mulai awal pekan depan hingga 23 Desember mendatang.

Meskipun mengaku sudah mengantongi hampir 80 persen dari kerangka tim, pelatih timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti, akan terus melakukan promosi degradasi pemain hingga keberangkatan tim ke Piala Asia U-16 2020.

Selain itu, Bima Sakti juga akan terus memperkuat fisik pemain agar tidak kendor lantaran tak ada kompetisi atau turnamen yang diikuti selain pemusatan latihan.

Mantan kapten timnas Indonesia itu juga turut menyoroti beberapa kekurangan yang masih menjadi kelemahan dalam tim asuhannya.

“Semoga saja dalam TC kali ini anak-anak bisa lebih baik lagi. Kami akan perbaiki kekurangan terutama koordinasi barisan pertahanan di mana mereka harus sejajar, harus drop back saat lawan melakukan long pass direct,” kata Bima.

Selama dua pekan ke depan, kekurangan itu akan menjadi perhatian khusus dari tim pelatih.

Menurut Bima, digelarnya TC setiap bulan membawa dampak yang sangat positif terutama chemistry antarpemain menjadi makin kuat.

“Itu juga yang nanti akan terus kami perbaiki. Saya tidak akan pernah merasa puas. Saya yakin dengan potensi yang ada di tim ini, selalu bisa lebih baik dan siap menghadapi turnamen di kemudian hari,” Bima menambahkan.

TC timnas U-16 ini nanti akan menjadi rangkaian yang dilakukan dalam upaya untuk mempersiapkan skuad Garuda Muda jelang tampil di putaran final Piala Asia U-16 yang rencananya akan berlangsung di Bahrain, 2021 mendatang.

Indonesia merupakan satu-satunya negara dari Asia Tenggara yang tampil pada salah satu turnamen usia muda bergengsi se-Asia ini dan tergabung di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan Cina.