Terhadang Perizinan, Turnamen Pra Musim Jatim Urung Digelar

Akibat sejumlah kendala, rencana PSSI Asosiasi Provinsi Jawa Timur mengadakan turnamen pra musim khusus bagi tim Liga 1 kemungkinan besar urung digelar pada Januari 2021 mendatang.

Salah satu penyebabnya, disinyalir kuat perihal perizinan. Lantaran pihak kepolisian di Jatim lebih fokus pada gelaran Pemilihan Kepala Daerah di sejumlah kota dan kabupaten selama Desember ini.

Padahal, rencana menggelar turnamen pra musim telah mendapat respon positif dari sejumlah tim. Dua diantaranya adalah Arema FC dan Madura United, yang berencana memulai persiapan tim lebih awal demi mengikuti turnamen tersebut.

“Sampai saat ini, belum ada perkembangan terbaru (dari kelanjutan rencana itu),” kata Sekretaris PSSI Asprov Jatim, Amir Burhanudin pada Jumat (04/12/20).

Faktor perizinan, menjadi hal mendasar yang dikejar pihaknya Asprov sejak awal. Pasalnya, surat izin keramaian itu juga ikut menentukan gelaran pertandingan sepak bola untuk digelar atau tidak.

“Kami jalani lebih dulu adalah konsultasi dengan pihak keamanan (soal izin),” tandas Amir Burhanudin dalam pernyataan sebelumnya.

PSSI Asprov Jatim sebelumnya juga telah menggelar ajang serupa bertajuk Piala Gubernur Jatim, Februari 2020 lalu. Persebaya Surabaya menjadi juara turnamen, setelah melewati 7 tim lainnya sejak babak penyisihan grup yang digelar di Bangkalan dan Malang.