Tiga Kekurangan Pemain Timnas Indonesia U-19 Selama TC Digelar

Asisten pelatih timnas Indonesia U-19 Nova Arianto, mengaku anak asuhnya masih banyak kekurangan. Meski, telah menjalani pemusatan latihan (TC), selama dua pekan.

Intensitas tinggi diterapkan selama TC di Jakarta dilaksanakan. Para pemain timnas Indonesia U-19 berlatih tiga kali sehari dengan program yang sudah disusun tim pelatih.

Seluruh pemain mengikuti TC tersebut dengan penuh semangat. David Maulana dan kolega mengeluarkan kemampuan maksimalnya agar tidak terdepak dari timnas Indonesia U-19.

“Tim dalam kondisi baik dan beberapa pemain yang sempat cedera sudah ikut bergabung latihan. Namun masih ada pemain yang belum maksimal dalam hal fisik, teknik dan mental. Untuk itu pemain harus selalu kerja keras, fokus, dan disiplin,” kata Nova dikutip laman resmi PSSI.

Pada TC ini pelatih timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong tidak bisa memimpin langsung. Ia memantau dari jauh karena sejak beberapa pekan lalu sudah berada di negara asalnya, Korea Selatan.

Nova bersama para pelatih lokal yang ada di timnas Indonesia U-19 menggantikan peran Tae-yong. Mereka memberikan informasi terkait perkembangan dan kekurangan yang dialami pemain selama TC digelar kepada sosok berusia 51 tahun tersebut.

“Untuk materi latihan pekan ketiga, kami masih menunggu arahan dari pelatih Shin Tae-yong. Selain itu, kami juga menunggu kedatangan pelatih Shin Tae-yong,” ucap mantan pilar Persib Bandung tersebut.

Rencananya Tae-yong kembali ke Tanah Air pada awal bulan depan. Setelah itu, timnas Indonesia U-19 bakal bertolak ke luar negeri untuk melanjutkan TC dan menggelar sejumlah laga uji coba.

Spanyol, yang menjadi negara tujuan menggelar TC tersebut. Saat ini PSSI sedang mengurus dokumen keberangkatan timnas Indonesia U-19 ke sana sembari menunggu kedatangan Tae-yong.

Melaksanakan TC di luar negeri bukan yang pertama kali dilakukan timnas Indonesia U-19. Sebelumnya, David Maulana dan kawan-kawan melangsungkan agenda itu di Kroasia, pada Agustus sampai dengan Oktober 2020.

Selama berada di Kroasia, timnas Indonesia U-19 melakoni 11 kali pertandingan uji coba. Hasilnya, meraih lima kemenangan, tiga imbang, dan tiga laga lainnya berakhir dengan kekalahan.

TC tersebut dijadikan sebagai persiapan timnas Indonesia U-19 berlaga di Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20. Kedua ajang bergengsi itu bakal dilangsungkan pada tahun depan.