Pertimbangan Bhayangkara FC Lepas Gelandang Asingnya

Bhayangkara FC dipastikan tidak menggunakan Herve Guy, ketika Liga 1 kembali digelar. COO The Guardian, Sumardji menjelaskan alasan pihaknya melepas gelandang asing tersebut.

Guy resmi diumumkan sebagai pilar baru klub kasta kedua Maroko, Chabab Mohammedia. Padahal, kontrak pesepakbola berusia 29 tahun tersebut baru berakhir pada akhir Desember mendatang.

Ada beberapa penyebab yang membuat Bhayangkara FC merelakan Guy hengkang. Satu di antaranya karena berhentinya Liga 1 akibat pandemi virus corona melanda Indonesia.

“Kami melepas dia [Guy] yang pertama karena kompetisi di Indonesia berhenti. Sementara dia masih ingin tetap terus bermain sepakbola. Atau ibaratnya tidak kerasan kalau kompetisi berhenti,” kata Sumardji saat dihubungi awak media.

Meski masih menyisakan kontrak dengan Bhayangkara FC, Sumardji menegaskan Guy bukan dipinjamkan. Melainkan sosok asal Pantai Gading tersebut dimiliki secara penuh oleh Chabab Mohammedia.

“Iya betul Guy kami lepas dengan status kepemilikan penuh,” ujar mantan manajer timnas Indonesia U-22 tersebut.

Pada saat Liga 1 dilangsungkan Februari tahun depan, Bhayangkara FC sudah tidak lagi berkandang di Stadion PTIK, Jakarta Selatan. Pasukan Paul Munster tersebut memutuskan pindah kandang ke Stadion Manahan, Solo.

Tak hanya berpindah kandang, Bhayangkara FC juga mengubah nama menjadi Bhayangkara Solo FC. Perubahan tersebut sebagai bentuk wujud penghargaan kepada masyarakat Solo.

Sebelum Liga 1 dihentikan karena pandemi virus corona pada pertengahan Maret lalu, performa Bhayangkara FC kurang impresif. Dari tiga laga yang dimainkan, The Guardian belum mampu meraih kemenangan.

Seluruh pertandingan yang dilaksanakan Bhayangkara FC selalu berakhir imbang. Juara Liga 1 2017 tersebut ditahan Persiraja Banda Aceh, Persik Kediri, dan Persija Jakarta.

Raihan tersebut membuat Bhayangkara FC menduduki peringkat 11 klasemen. Klub kesayangan Bharamania tersebut mengumpulkan tiga poin atau terpaut enam angka dari Persib Bandung yang berada di pucuk.