Harapan Besar PSSI Kompetisi Bisa Bergulir Februari 2021

Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto, berharap lanjutan kompetisi musim 2020 bisa digelar pada Februari 2021.

Seperti diketahui, penyelenggaraan kompetisi sepak bola profesional Indonesia sudah ditangguhkan sejak pertengahan Maret 2020 karena wabah virus corona.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sejatinya terus berupaya agar bisa memutar kembali penyelenggaraan kompetisi musim ini.

Sempat akan digulirkan kembali pada 1 Oktober 2020, rencana tersebut urung terlaksana lantaran pihak kepolisian enggan memberikan izin digelarnya kompetisi.

Bukannya tanpa alasan, pihak kepolisian tidak mengeluarkan izin tersebut lantaran grafik penyebaran virus corona di Indonesia masih tinggi.

Selain itu, jadwal penyelenggaraan kompetisi pun berdekatan dengan agenda pilkada serentak yang akan diadakan di sejumlah wilayah di Indonesia pada akhir tahun ini.

Merespons keputusan tersebut, PSSI dan PT LIB pun kembali menyusun rencana agar bisa menggulirkan lanjutan kompetisi pada Februari 2021.

Meski begitu, masih belum bisa dipastikan juga apakah kompetisi bisa digelar sesuai rencana tersebut atau tidak. Semua bergantung pada kebijakan pemerintah dan situasi dan kondisi dalam negeri terkait wabah virus corona.

Meski begitu, Iwan Budianto sangat berharap kompetisi bisa digelar Februari 2021. Pasalnya, Pemerintah Republik Indonesia berencana menggelar vaksinasi Covid-19 pada Desember 2020.

“Jadi, PSSI menjadwalkan akan memutar kompetisi bulan Februari. Kenapa Februari? Karena Desember pemerintah kan berharap sudah bisa melakukan vaksinasi,” kata Iwan Budianto di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (28/11/2020) petang WIB.

Sosok yang akrab disapa IB itu menuturkan, memang tidak ada yang pasti dalam situasi seperti ini. Akan tetapi, IB berharap, situasi di Indonesia terkait wabah virus corona bisa segera berakhir.

Hal itu agar masyarakat bisa kembali menjalani aktivitasnya secara normal. Begitu pula dengan kegiatan sepak bola yang bisa kembali diputar.

“Mudah-mudahan sejak januari 2021 cukup banyak yang melakukan vaksinasi. Ini semua memang tidak ada yang pasti. Namun, kita semua tentu berharap agar kondisi ini bisa segera pulih,” tutur IB.