Bintang Muda Persebaya Tenang Karena Kontrak Jangka Panjang

Kontrak pemain Persebaya Surabaya mayoritas akan kedaluwarsa pada Februari 2021. Manajemen harus segera melakukan renegosiasi kontrak agar pemainnya tidak hengkang ke klub lain.

Namun, sampai saat ini belum ada proses renegosiasi kontrak yang dilakukan. Kondisi itu membuat pemain waswas. Tapi, hal tersebut tidak berlaku bagi para penggawa muda Green Force, julukan Persebaya.

Mereka adalah Koko Ari Araya, Rizky Ridho, M. Supriadi, dan Ernando Ari. Empat pemain itu mendapat kontrak jangka panjang dari manajemen. Setidaknya, pada musim 2021 mereka dipastikan masih berseragam Persebaya. Bahkan, Koko dan Rizky mendapat kontrak sampai 2022.

Koko menyebutkan, kontrak jangka panjang cukup membuatnya tenang. ”Pas kondisi seperti ini (kompetisi tidak jelas, Red), menguntungkan sih. Coba kalau kontraknya satu musim, pasti saya bingung main di mana musim depan,” kata pemain 20 tahun tersebut kepada Jawa Pos.

Karena itu, meski belum ada kepastian renegosiasi kontrak, Koko tenang-tenang saja.

Bagi mahasiswa Universitas Negeri Surabaya tersebut, kontrak jangka panjang bisa membuatnya fokus di lapangan. ”Apalagi, pemain muda seperti saya ini kan butuh jam terbang,” tambahnya.

Meski demikian, Koko tak lantas bersantai. Dengan durasi kontrak yang lama, dia malah ingin menunjukkan kelayakannya. ”Jadi lebih termotivasi untuk tampil lebih baik lagi,” ucap pemain asli Surabaya itu.

Pemain yang mendapat kontrak jangka panjang memang punya track record apik. Ernando dan Supriadi merupakan jebolan Garuda Select. Sementara Koko sempat mendapat panggilan tim nasional (timnas) di bawah asuhan Shin Tae-yong. Sedangkan Rizky Ridho merupakan kapten timnas U-19.

Karena tidak ada kompetisi, Rizky saat ini fokus pada timnas U-19. Dia sempat menjalani latihan virtual bersama Garuda Muda. Kini pemain 19 tahun tersebut sudah berada di Surabaya. Dia baru saja pulang setelah menjalani latihan di Eropa.

”Banyak dapat pengalaman. Termasuk dari pemain dan pelatih lawan. Dari situ mental saya jadi lebih terlatih agar tidak takut dengan pemain yang punya postur lebih tinggi,” ungkap Rizky.