Bima Sakti Punya Trik Khusus Bikin Pemain Timnas Indonesia U-16 Cicipi Atmosfer Turnamen

Pelatih Bima Sakti memberikan materi internal game pada penutupan pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-16. Bima Sakti menilai game internal ini dilakukan agar para pemain terbiasa dengan atmosfer turnamen.

Timnas Indonesia U-16 menggelar pemusatan latihan di Stadion Pakansari Cibinong pada Sabtu (28/11/2020). Para pemain terlihat antusias mengikuti sesi latihan pada hari terakhir tersebut.

Dalam sesi game internal itu terlihat adanya sejumlah materi evaluasi yang berhasil diterapkan oleh para pemain Timnas U-16. Bima Sakti juga ingin membiasakan para pemainnya untuk langsung beradaptasi dengan model jadwal dan cuaca pada turnamen Piala AFC U-16 nanti.

“Pada TC yang terakhir bulan ini, kami mengadakan internal game dan beberapa hari sebelumnya juga melakukan hal yang sama. Hal ini guna membiasakan anak-anak bagaimana nanti saat menghadapi turnamen Piala AFC U-16,” kata Bima Sakti seperti dikutip situs resmi PSSI, Minggu (29/11/2020).

“Saya juga menyamakan jadwal seperti halnya turnamen tersebut, di mana ada waktu bermain, istirahat, lalu main kembali. Kemudian, saya juga ingin membiasakan para pemain untuk bermain pada perubahan kondisi cuaca, seperti dari sejuk ke panas, yang kita lakukan pagi ini, hingga menjelang siang hari,” tegas Bima Sakti.

Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16 resmi berakhir pada 29 November 2020. Selanjutnya, para pemain diberi kesempatan untuk kembali ke daerah masing-masing untuk menyegarkan pikiran karena sudah dua pekan penuh mengikuti TC.

Pelatih Bima Sakti menyebut, pemahaman fisik dan taktik yang diperbaiki para pemain Timnas Indonesia U-16 sudah banyak meningkat.

Pemusatan latihan yang digelar sepanjang November 2020 dilakukan sebagai lanjutan persiapan Timnas Indonesia U-16 untuk mengikuti Piala AFC 2020. Pelatih Bima Sakti tentu tak ingin timnya hanya sekadar berpartisipasi dalam turnamen tersebut.

Perjalanan Timnas U-16 diprediksi tak akan mudah. Timnas U-16 tergabung di Grup D Piala AFC U-16 bersama Jepang, Arab Saudi dan China.

Ini akan menjadi partisipasi ketujuh Timnas Indonesia U-16 sepanjang sejarah. Pencapaian terbaiknya adalah finis di peringkat keempat pada edisi 1990.