Koordinasi Lini Belakang Timnas Indonesia U-16 Makin Sip

Selesai sudah pemusatan latihan (TC) U-16, yang digelar di Stadion Pakansari, Cibinong. Agenda tersebut sudah berlangsung sejak 16 November 2020.

Perkembangan positif diperlihatkan seluruh pemain yang dipanggil dalam TC tersebut. dan kolega melahap semua materi yang disusun tim pelatih dengan penuh semangat.

“Di TC kita yang terakhir bulan ini, kami mengadakan internal game, beberapa hari sebelumnya kami juga melakukan hal yang sama. Hal ini guna untuk membiasakan anak-anak bagaimana nanti saat menghadapi turnamen U-16,” kata pelatih U-16 dikutip laman resmi PSSI.

“Saya juga menyamakan jadwal seperti halnya turnamen tersebut, di mana ada waktu main, istirahat, lalu main kembali. Kemudian, saya juga ingin membiasakan para pemain untuk bermain di perubahan kondisi cuaca, seperti dari sejuk ke panas, yang kita lakukan pagi ini, hingga menjelang siang hari,” Bima menambahkan.

Bima menjelaskan kelemahan yang diperlihatkan ketika timnas Indonesia U-16 uji coba melawan Uni Emirat Arab (), sudah diperbaikinya dalam TC tersebut. Pada laga itu Garuda Muda dua kali menelan kekalahan dengan skor 3-2 dan 4-0.

“Saya melihat banyak sekali yang meningkat dari pemain, seperti kerja sama tim, koordinasi lini belakang yang selama ini menjadi kekurangan kita, saat dua kali bertemu tim UAE U-16 sudah membaik,” ucapnya.

“Di mana tim harus bermain lebih dekat dan rapat lagi dalam bertahan untuk antisipasi serangan balik langsung dari lawan, agar tidak mudah ditembus lawan,” ia melanjutkan.

Para pemain bakal dipulangkan ke rumahnya masing-masing dan diberikan waktu istirahat. Rencananya, Bima kembali mengumpulkan anak asuhnya pada awal bulan Desember mendatang.

“Kami akan TC kembali di tanggal 6 Desember 2020, kemungkinan diselenggarakan di Sleman,” tutur mantan pilar tersebut.

Tak lupa Bima berpesan agar para pemain timnas Indonesia U-16, tetap menjaga kondisi selama libur. Ia enggan anak asuhnya mengalami penurunan drastis saat TC dilangsungkan lagi.

“Hampir sama di setiap pemusatan latihan, kami akan terus memberikan materi latihan fisik [ini yang harus setiap waktu dijaga] saat ini, alhamdulillah, fisik para pemain semakin meningkat. Semoga saja bisa lebih baik lagi dan yang pasti sampai saat ini koordinasi masih kurang, terutama barisan bertahan, di mana mereka harus sejajar, harus drop back saat lawan melakukan long pass direct. Itu yang nanti akan terus kami perbaiki.”

Berita Terkait