Solo Punya Bhayangkara Solo FC dan Persis Solo, Pasoepati Dukung yang Mana?

Presiden Pasoepati, Aulia Haryo Suryo, mengatakan bahwa pihaknya baru akan menentukan dukungan ke satu klub di Solo usai menggelar kongres pada Januari 2021.

Pasoepati selama ini dikenal sebagai suporter setia Persis Solo.

Dukungan Pasoepati kepada klub yang berjulukan Laskar Samber Nyowo itu sudah tak perlu diragukan lagi.

Meski kini Persis Solo masih harus berjuang di kasta kedua Liga Indonesia, Pasoepati tidak pernah kendor memberikan semangat bagi tim kesayangannya.

Namun, kini Kota Solo kedatangan tim baru yang berasal dari Liga 1.

Adalah Bhayangkara FC, yang sejak Jumat (27/11/2020) berganti nama menjadi Bhayangkara Solo FC, menjadi klub anyar yang menjadikan Kota Solo sebagai markasnya.

Sejak Jumat (27/11/2020) pula, Bhayangkara Solo FC menetapkan Stadion Manahan sebagai markas anyar mereka.

Kedatangan Bhayangkara Solo FC itu kemudian menimbulkan sejumlah reaksi di kalangan Pasoepati.

Mereka kaget karena pemberitahuan kedatangan Bhayangkara Solo FC terbilang sangat mendadak.

Presiden Pasoepati, Aulia Haryo Suryo, menegaskan bahwa sejatinya dalam AD/ART Pasoepati, tercantum aturan yang mengharuskan Pasoepati mendukung semua kegiatan olahraga di Kota Solo.

Oleh sebab itu, bila dilihat dari kacamata lain, sejatinya Pasoepati tidak pernah terikat pada satu klub saja seperti yang terlihat selama ini.

“Karena memang secara AD/ART kami memang Pasoepati ini mendukung seluruh kegiatan olahraga yang ada di Kota Solo dan yang mengharumkan nama Kota Solo,” ucap Aulia Haryo saat dihubungi Bolasport.com, Jumat (27/11/2020).

“Jadi memang kami tidak mendukung satu klub kalau sesuai AD/ART,” katanya menambahkan.

Ketika ditanya apakah Pasoepati akan mendukung Bhayangkara Solo FC, pria yang akrab disapa Rio itu belum bisa memberi kepastian.

Menurutnya, pilihan Pasoepati untuk mendukung klub tertentu baru bisa ditentukan setelah menggelar kongres pada Januari 2021.

“Pertengahan bulan Januari (2021) nanti kan ada kongres. Jadi Pasoepati ini akan memilih Presiden dan Wakil Presiden baru.”

“Mungkin arah Pasoepati nantinya mendukung ke klub bola apa misal Persis atau Bhayangkara FC mungkin nanti diputuskan di Kongres bulan Januari. Arahnya Pasoepati mungkin akan seperti itu,” tambahnya.

Rio sendiri mengatakan bahwa pihaknya belum berencana untuk menggelar pertemuan apapun dengan manajemen Bhayangkara Solo FC.

Saat ini, Pasoepati fokus untuk mempersiapkan kongres yang akan digelar awal tahun depan.

“Nggak belum ada. Kami masih mengikuti dinamika yang ada dulu. Kami mau fokus ke Kongres Pasoepati itu,” tandasnya.