Persib Tolak Wacana Liga 1 2020 Berlanjut dengan Format Turnamen

Manajemen Persib Bandung keberatan jika lanjutan Liga 1 2020 bergulir dengan format turnamen. Mereka lebih suka format tetap kompetisi penuh.

Direktur Operasional PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahyono, mengatakan idealnya lanjutan kompetisi tetap menggunakan format kompetisi penuh.

Sejauh ini, PSSI belum mengumumkan format yang akan diterapkan dalam lanjutan Liga 1 2020.

Kendati demikian, sejumlah wacana mulai mengemuka. Salah satunya, lanjutan kompetisi akan digelar dengan format turnamen.

“Kami juga belum tahu format seperti apa. Tetapi, kalau format turnamen, seperti semua tim dibagi menjadi empat grup begitu, kami kurang setuju. Karena ini kan kompetisi, bukan turnamen,” kata Teddy saat dihubungi wartawan, Jumat (20/11/2020).

Misal Liga 1 2020 memutuskan format turnamen, Teddy cenderung setuju dengan dua wilayah. Meski penentuan juara sama-sama ditentukan melalui babak final seperti layaknya turnamen, format dua wilayah tetap menghadirkan nuansa kompetisi yang kompetitif.

“Ya, kalau bisa tidak berubah. Artinya tetap format kompetisi penuh. Minimal dilakukan format dua wilayah. Kalau format turnamen dengan dibagi empat grup begitu, kurang setuju,” ucap Teddy.

Adapun pemain Persib, Ardi Idrus mengatakan, dirinya tidak ambil pusing terkait format yang akan diterapkan dalam Liga 1 nanti. Ardi mementingkan kompetisi bisa segera berlanjut.

“Kalau saya, pribadi, yang penting sekarang jalan saja dulu kompetisinya. Apakah nanti akan dipakai format liga atau turnamen, yang penting jalan aja dulu,” kata Ardi.

Ardi sudah sangat rindu untuk bisa kembali bermain dalam kompetisi. Maklum, Liga 1 2020 sudah vakum sejak pertengahan Maret 2020 akibat wabah virus corona.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) terus berupaya untuk bisa kembali menggulirkan kompetisi. Akan tetapi, upaya tersebut selalu terbentur hingga dipastikan kelanjutan kompetisi musim ini tidak bisa digelar pada sisa 2020.

PSSI dan PT LIB memutuskan untuk melanjutkan penyelenggaraan kompetisi pada Februari dan ditargetkan berakhir pada Juni 2021.

“Ya, sudah ada kabar katanya Februari mulai. Tapi kan kita juga tidak tahu apakah jadi atau tidak. Sebagai pemain, ya kami berharap semoga segera dimulai lagi,” ucap Ardi yang di Persib bermain sebagai bek sayap.