Jelang TC Timnas U-19 di Korea, Iwan Bule: Bukan Maunya Shin Tae-yong

Jelang TC Timnas Indonesia U-19 ke Korea Selatan, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule mengakui jika hal itu bukanlah kemauan pelatih Shin Tae-yong.

Saat ini, PSSI mengumpulkan 38 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan atau TC di Stadion Madya, Jakarta, meski tetap dipandu secara virtual oleh Shin Tae-yong.

Pasalnya, saat ini sang pelatih masih berada di Korea Selatan dan baru tiba di Indonesia pada awal Desember mendatang, sebelum Timnas U-19 menggelar TC di luar negeri.

Konon, setelah melakoni pemusatan latihan secara virtual di Jakarta, Bagas Kaffa dkk akan melanjutkan TC dan uji coba di luar negeri, dalam hal ini adalah Korea Selatan.

“Saya ingin latihan di Eropa, tapi sampai sekarang memang approval dari Eropa belum ada, jadi minimal nanti kita ke Korea,” papar Mochamad Iriawan saat ditemui di Highground Indonesia, Minggu (15/11/20).

Bahkan, sosok yang akrab disapa Iwan Bule itu mengakui jika Shin Tae-yong sempat tidak ingin TC di negara kelahirannya, Korea Selatan, karena kalah kualitas dari tim Eropa.

“Shin Tae-yong maunya bukan di Korea, dia maunya di luar, karena lebih tinggi rate Eropa daripada Korea. Dia tahu tim-tim Eropa lebih bagus seperti kemarin di Kroasia.”

“Tapi kita belum mampu untuk meyakinkan negara Eropa untuk bisa menerima kita. Kita terus berkoordinasi dengan pihak Belanda. Korea belum pasti, tapi roadmap ke Korea, karena Belanda juga belum beri keputusan.”

Serangkaian pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di luar negeri, diharapkan dapat menjadi modal kuat untuk melakoni Piala Asia U-19 hingga Piala Dunia U-20 2021 mendatang, saat Indonesia menjadi tuan rumah.