Latihan Mandiri Bukan Suatu Kewajiban Tapi Kesadaran Pemain

Penyerang Persib Bandung Beni Oktovianto, memandang latihan mandiri bukan suatu keharusan. Melainkan lebih kesadaran terhadap masing-masing pemain dalam menjaga kondisinya.

Skuad Persib sudah diliburkan sejak awal November 2020. Para pemain Maung Bandung diperintahkan berlatih mandiri dari kediaman masing-masing, sesuai dengan program yang diberikan tim pelatih.

Pasukan Robert Rene Alberts tersebut baru berkumpul pada Januari tahun depan untuk memulai persiapan Liga 1. Dijadwalkan kompetisi sepakbola kasta teratas nasional digelar kembali Februari 2021.

Hanya saja, belum diketahui kepastian tanggal, format dan lain sebagainya menyangkut ketika Liga 1 dilangsungkan. PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi masih mencari waktu yang tepat untuk menggulirkannya.

“Latihan mandiri bukan kewajiban, tapi lebih kepada kesadaran kita sebagai pemain profesional. Karena menjadi kebugaran itu sangat penting,” ucap Beni dikutip laman resmi klub.

Selain berlatih mandiri, Beni punya cara tersendiri dalam menjaga kondisinya supaya tetap bugar. Ia menyebut rajin mengelilingi daerah sekitar rumahnya dengan menggowes sepeda.

“Semenjak latihan bersama diliburkan, saya memutuskan pulang ke Bontang. Saat ini untuk mengisi waktu saya juga sering bersepeda,” ujar pesepakbola berusia 22 tahun tersebut.

Liga 1 musim ini sempat berjalan sebanyak tiga pekan. Namun, pada pertengahan Maret lalu, PSSI memutuskan untuk menghentikannya karena pandemi virus corona melanda Indonesia.

Sebelum Liga 1 dihentikan, Persib tampil gemilang. Klub kebanggan Bobotoh tersebut berhasil meraih tiga kemenangan atas Persela Lamongan tiga gol tanpa balas, serta Arema FC dan PSS Sleman dengan skor identik 2-1.

Raihan tersebut membuat Persib untuk sementara menjadi pemuncak klasemen. Supardi Nasir dan kawan-kawan unggul dua poin dari Bali United yang menempel ketat di bawahnya dengan koleksi tujuh angka.

Sepanjang musim ini Beni belum mendapatkan kesempatan bermain. Ia kalah bersaing dengan para pemain depan yang ada di Persib.

Musim ini jadi tahun pertama Beni membela Persib. Sebelumnya, ia berkelana dengan sejumlah klub nasional seperti Persik Kediri, Persiba Balikpapan, hingga dipinjamkan ke Kalteng Putra.