Generasi Pelatih Baru Kembali Muncul, Gede Sukadana Salah Satunya

Dalam rentang hampir satu dekade terakhir, sepak bola dalam negeri terus memproduksi pelatih-pelatih berlisensi AFC. Salah satu generasi terbaru adalah gelandang senior PSS, I Gede Sukadana.

Mantan pemain Arema FC dan Bali United itu bersama 22 pemain lain terdaftar sebagai peserta kursus kepelatihan lisensi C AFC yang diselenggarakan oleh PSSI melalui APPI melalui surat bernomor 0172/APPI-adm/X/2020 tertanggal 9 Oktober 2020 lalu.

Menurut Sukadana, momen saat ini sangat tepat untuk mengikuti kursus. Pasalnya, kegiatan klub dan kompetisi sedang vakum dari rutinitas biasanya.

“Senang (ikut kursus), mudah-mudahan lancar. Lumayan sambil mengisi waktu libur bisa konsentrasi ikut pelatihan,” ucap pemain berusia 33 tahun itu.

Bagi Sukadana, kesempatan mengambil kursus tahun ini merupakan impiannya yang tercapai. Pasalnya, sudah sejak lama ia ingin mengambil lisensi kepelatihan.

“Kalau kepikiran ada sih, cuma belum sempat dan pas saja waktunya. Mungkin sekarang pas, dari APPI dan Menpora juga mengadakan,” kata Gede.

“Tidak ada persiapan khusus. Pokoknya ikut saja apa yang disuruh, kita tinggal belajar saja,” ujarnya melanjutkan.
Sementara itu, kursus kepelatihan akan berlangsung mulai hari Minggu (1/11) hingga Senin (16/11) di Bali.