Tanggapan soal Kritikan Yuke kepada Shin Tae-yong, Bung Towel: Salah Alamat

Beberapa hari yang lalu publik sepak bola Indonesia sempat ramai soal kritikan kepada Shin Tae-yong.

Yusuf Kurniawan atau yang biasa disapa Bung tersebut melontarkan kritikan cukup pedas kepada sang arsitek tersebut.

Ia menyebutkan bahwa pelatih asal Korea Selatan itu tidak cakap dalam membangun sepak bola Indonesia secara keseluruhan termasuk didalamnya soal penerapan fondasi dan filosofi aepak bola Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, rekan seprofesinya, atau yang biasa disapa , kritikan dari Bung Yuke telah salah alamat.

Pasalnya dikatakan juga bahwa porsi dalam menentukan fondasi dan juga filosofi sepak bola Indonesia bukanlah ranahnya Shin Tae-yong melainkan Direktur Teknik yang saat ini tengah diemban oleh Indra Sjafri.

“Shin Tae-yong itu bukan direktur teknik, Shin Tae-yong adalah head coach yang kebetulan diberi wewenang menangani beberapa kelompok timnas. Mulai senior, U-22 dan U-20 atau yang saat ini U-19,” katanya seperti dikutip Bolasport.com dari kanal Youtubenya, Gocek Bung Towel, Kamis (22/10/2020).

“Artinya membangun fondasi dan filosofi bukan tanggung jawab atau area kewenangan Shin Tae-yong. Jadi Shin Tae-yong menciptakan, membuat maksimal performa atau U-20 tahun depan,” tambahnya.

Terkait dalam menciptakan performa yang maksimal, Bung Towel meminta agar Shin Tae-yong bekerja seperti yang ia inginkan.

Selain itu ia menyebutkan bahwa peran publik dan media tak kalah pentingnya dalam melakukan pengawasan terhadap timnas saat ini.

Dengan adanya kontrol terhadap timnas maka dapat dipastikan seluruh program yang dijalankan oleh timnas dapat termonitor dengan baik.

“Bagaimana caranya adalah sesuai dengan cara yang dipahami oleh Shin Tae-yong. Semua harus mengawasi, menjaga supaya timnas kita mendapatkan sebuah control social dari media dan publik,” sebutnya.

Dalam sebuah control social tentu nantinya akan ada yang namanya kritikan serta masukan.

Namun menurut Bung Towel, kritikan tersebut harus tepat arahnya dan jangan sampai salah alamat.

Pasalnya apa yang disampaikan oleh Bung Yuke dinilainya sudah salah alamat.

“Tetapi koridornya harus pas, jangan salah alamat jangan ketuker. Kritikannya untuk direktur teknik atau Shin Tae-yong? Kalau soal fondasi memang bukan areanya STY,” tuturnya.

Berita Terkait