Piala Dunia U-20 – Presiden Joko Widodo: Kita Harus Yakinkan Indonesia Aman

Indonesia bakal menjadi tuan rumah U-20 2021, yang rencananya digulirkan pada Mei tahun depan. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), menegaskan bahwa seluruh elemen harus siap menyambut event tersebut.

Salah satu yang paling disorot oleh Jokowi adalah ketegasan dari Indonesia untuk membuat yakin bahwa kondisi negara aman dari virus corona. Dalam artian, PSSI siap menjalankan protokol kesehatan yang ketat pada pelaksanaan .

Hal tersebut disampaikan Jokowi pada Rapat Terbatas (Ratas), Selasa (20/10) pagi, yang membahas Piala Dunia U-20 tahun depan. Ratas ini turut dihadiri oleh ketua umum PSSI, , juga Menteria Pemuda dan Olahraga, .

“Rapat terbatas pagi hari ini kembali kami akan membahas dan melihat persiapan dalam rangka penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang Insyaallah akan dilaksanakan pada bulan Mei dan Juni 2021,” buka Jokowi kepada peserta Ratas.

“Paling penting, kita harus meyakinkan bahwa Indonesia telah mempersiapkan protokol kesehatan yang ketat sehingga sangat aman untuk dikunjungi dan dijadikan tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-20 pada 2021,” sambung Jokowi.

Situasi saat ini, dunia sedang dilanda pandemi virus corona dan belum ada jaminan kapan ini berakhir. Sehingga, Indonesia sebagai tuan rumah harus menyiapkan segala kemungkinan sebagai tuan rumah event dua tahunan ini.

Jokowi turut meminta seluruh pihak yang terlibat benar-benar memerhatikan kesiapan dari fasilitas utama dan fasilitas pendukung untuk Piala Dunia U-20. Nanti, akan ada enam stadion yang dijadikan venue gelaran pertandingan Piala Dunia U-20.

“Untuk itu saya minta laporan update terkait kesiapan, terutama kesiapan stadion utama dan pendukung di enam kota yang telah ditunjuk,” beber Jokowi.

“Saya juga ingin mendapat laporan dari PSSI mengenai kesiapan Indonesia yang akan berlaga Piala Dunia U-20,” tutup Jokowi.

Sebagaimana diketahui, enam stadion yang sudah disiapkan sebagai tempat penyelenggaraan antara lain Stadion Gelora (Palembang), Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), (Surabaya), dan (Gianyar).

Berita Terkait