Gelandang Arema Positif COVID-19, Catatan Bagi Klub untuk Wajib Mengarantina Pemain dari Luar

Gelandang asing FC, dinyatakan positif terpapar virus corona, Rabu (7/10/2020), berdasarkan swab test sehari sebelumnya.

Kini banyak pertanyaan muncul, di mana dia terpapar virus itu?

Gelandang berusia 28 tahun ini baru tiba di Malang (4/10/2020) Minggu. Saat terbang dari Brasil, dia sudah menjalani swab test dan hasilnya negatif. Tapi dari hasil pemeriksaan, Bruno sempat terpapar COVID-19 ketika masih di negaranya.

“Bruno sudah dapat hasil swab test negatif di Brasil. Tapi banyak kemungkinannya (kenapa positif lagi). Karena itu, daripada ada apa-apa, lebih baik sekarang di karantina dulu,” kata dokter tim Arema, Nanang Tri Wahyudi.

Ada dugaan Bruno terpapar lagi dalam perjalanan atau transit di Jakarta. Tapi hal itu tidak bisa dipastikan karena kemungkinannya sangat banyak.

Terlepas dari itu, ada pelajaran yang dipetik Arema lantaran ada sedikit kelalaian yang dilakukan. Bruno sudah gabung latihan sebelum semua hasil tes kesehatannya keluar.

Pemain berusia 28 tahun ini melakukan tes jantung dan darah pada Senin (6/10/2020) pagi. Sore hari, dia latihan di , Kabupaten Malang. Padahal hasil tes itu baru keluar kemarin.

Dari tes darah, ada indikasi mengarah ke COVID-19, sehingga Bruno langsung melakukan swab test dan absen latihan.

Bruno bukan satu-satunya pemain baru asal Brasil yang didatangkan Arema. Sepekan sebelumnya, stoper asal Brasil, juga baru mendarat di Malang.

Namun bek 25 tahun itu langsung menjalani swab test di kantor manajemen Arema pada 28 September. Saat itu, Arema menjalani tes yang sudah disediakan oleh operator kompetisi .

Setelah tes, Caio tidak langsung berlatih dengan Arema. Waktu itu dia diminta istirahat karena kelelahan. Sementara program sore harinya tetap berjalan meskipun hasil swab test itu belum keluar. Hasil tes itu menyatakan tim Arema negatif.

Namun, khusus pemain asing yang baru datang, tidak ada kebijakan karantina minimal sampai pemain itu menjalani swab test dan hasilnya negatif.

Ini menjadi catatan khusus bagi klub agar kejadian tak terulang lagi.

Berita Terkait