Liga 1 2020 Ditunda, Madura United Tetap Agendakan Uji Coba

Seluruh anggota Madura United telah melakukan tes swab pada Selasa (29/9/2020). Tes swab itu sedianya dilakukan guna persiapan lanjutan Shopee Liga 1 2020. Namun, kompetisi itu resmi ditunda sebulan.

PSSI telah memutuskan menunda pelaksanaan lanjutan kompetisi lantaran tidak mendapat izin dari Polri. Alasannya, angka kasus COVID-19 di Indonesia masih cukup tinggi.

Dalam waktu dekat, hasil tes swab yang dilakukan oleh Madura United itu akan segera keluar. Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, masih menunggu hasil tersebut di tengah belum ada kepastian tanggal kompetisi akan dilanjutkan kembali.

“Kami melakukan evaluasi setelah swab yang kami lakukan apa yang kami tindak lanjuti, hasilnya seperti apa,” kata pria yang akrab disapa RD itu.

Beberapa klub lain memutuskan menghentikan agenda latihan dan lainnya ketika mendengar kabar penundaan kompetisi kasta teratas Indonesia itu. Namun, Madura United memiliki program lain dengan tetap melanjutkan agenda tim.

Bahkan, tim berjulukan Laskar Sape Kerap itu tetap akan melakoni laga uji coba yang telah direncanakan sebelumnya.

“Kami membuat program uji coba di minggu ini, dan itu akan kami lakukan di hari Kamis (1/10/2020),” imbuh RD, yang juga menjabat sebagai manajer tim Madura United tersebut.

Tanggapan RD soal Penundaan Kompetisi

Rahmad Darmawan tidak ingin melihat aspek keuntungan atau kerugian penundaan kompetisi. Dia hanya ingin fokus pada program yang harus dijalankan oleh timnya.

“Saya rasa sebetulnya soal keuntungan atau tidaknya, saya lebih senang kalau kompetisi ini jalan sesuai jadwal yang sudah kami sepakati. Kami sudah mengatur sedemikian rupa, peak performance dan sebagainya,” ucap RD.

“Karena fokus pemain dan program klub tentu memiliki rancangan proyeksi ke depan seperti apa. Kalau memang ini benar-benar ditunda satu bulan ke depan, tidak ada masalah,” tutur pelatih berusia 53 tahun tersebut.