Persipura Tetap Berlatih Untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Bukan Persiapan Kompetisi

Pelatih Jacksen Tiago mengatakan bahwa kini timnya mengubah tujuan latihan dari sebelumnya untuk berkompetisi menjadi demi menjaga daya tahan tubuh setelah menunda pelaksanaan Liga 1 dan 2 musim 2020.

“Kami menganggap latihan untuk meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh menghadapi pandemi (COVID-19),” ujar Jacksen ketika dihubungi pewarta dari Jakarta, Selasa.

Juru taktik kelahiran Rio de Janeiro, Brazil, itu menegaskan bahwa skuatnya menghormati kebijakan penangguhan kompetisi.

Menurut Jacksen, pemerintah lebih mengetahui kondisi pandemi COVID-19 di Tanah Air.

“Jadi kami harus patuh kalau ada arahan untuk menunda liga,” tutur pria yang sebagai pelatih memberikan tiga gelar juara Liga Super kepada Persipura itu.

Tim Persipura saat ini berada di Malang, Jawa Timur, karena memilih sebagai markas mereka saat lanjutan 2020.

Namun, Jacksen belum dapat memastikan apakah skuatnya tetap berada di Malang atau kembali ke Papua setelah penundaan liga dikumandangkan.

“Kami menunggu keputusan dari manajemen karena hal itu tidak lagi termasuk aspek teknis yang menentukan,” kata dia.

PSSI resmi menunda penyelenggaraan lanjutan Liga 1 dan musim 2020 di tengah pandemi COVID-19 lantaran tidak mendapatkan izin keramaian dari Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

“Pihak Mabes Polri untuk sementara tidak memberikan izin keramaian karena kasus COVID-19 yang masih tinggi. Kami juga menyadari fakta di lapangan memang demikian. Oleh karena itu, PSSI menghormati dan memahami keputusan tersebut,” ujar Ketua Umum PSSI , Selasa (29/9).

PSSI berharap kompetisi berlangsung kembali pada November 2020 agar jalannya tidak terbentur agenda-agenda seperti Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Lanjutan Liga 1 musim 2020 awalnya dijadwalkan berlangsung pada 1 Oktober 2020 hingga 28 Februari 2021. Sementara 2020 sebelumnya direncanakan bergulir pada 17 Oktober-5 Desember 2020.

Berita Terkait