Punya Bekal dari Tottenham Hotspur, Nathan Fariel Kusuma Bangga Perkuat Persija Jakarta

Pemain muda potensial Nathan Fariel Kusuma secara resmi akan bergabung dengan akademi tim Persija Jakarta.

Kabar bergabungnya Nathan Fariel dengan akademi Persija turut mendapatkan sorotan dari klub besar asal Inggris, Tottenham Hotspur.

Proses bergabungnya Nathan ke Persija turut diberitakan di laman resmi Tottenham Hotspur, pada Senin (21/9/2020) kemarin.

Nathan Fariel Kusuma merupakan lulusan program kamp latihan Elite Tottenham Hotspur Asia edisi pertama pada 2017 lalu.

Pemain berusia 14 tahun itu mengaku senang dengan kerja keras yang sudah dilakukannya selama ini di sepak bola mampu membuahkan hasil bagus.

Kini, Nathan Fariel akan memulai petualangan baru dengan menimba ilmu dan berlatih dengan akademi tim Persija Elite Pro Academy (EPA).

Nathan bisa juga diikutsertakan bersama Persija U-16 mengikuti kompetisi EPA U-16 yang digelar PSSI.

”Setelah kerja keras dan berbagai pengalaman jatuh-bangun, saya sangat senang dan bangga (diterima Persija),” kata Nathan dikutip dari laman Tottenham Hotspur.

Tak lupa, Nathan turut mengucapkan terimakasih kepada seluruh pelatih akademi Tottenham Hotspur yang sudah memberikan ilmu dan pengalaman berharga kepadanya.

Menurut Nathan, perjalananya untuk menjadi pesepakbola profesional masih panjang dan perlu kerja lebih keras lagi ke depannya.

“Saya berterima kasih kepada seluruh pelatih Tottenham Hotspur atas dukungan dan dorongannya kepada saya. Sekarang saya bergabung dengan tim terbesar di Indonesia, tetapi ini hanya permulaan dan saya masih akan terus bekerja keras,” ujar Nathan.

Sementara itu, ayah Nathan, Yudi Kusuma mengungkapkan sang anak memiliki gairah dan semangat besar dalam bermain sepak bola.

Yudi bersyukur sang anak bisa terus berkembang dan mendapatkan didikan bagus dari akademi Tottenham Hotspur.

”Gairah dan keinginannya sulit terbendung. Saya sangat bersyukur dengan perkembangan dia saat ini dan berterima kasih kepada Tottenham Hotspur,” kata Yudi Kusuma.

Sementara itu, dalam pernyataan yang dikeluarkan laman Tottenham Hotspur menyebutkan Nathan merupakan pemain yang memiliki keinginan belajar sangat tinggi.

“Nathan tidak hanya menunjukkan kemampuan teknik, tetapi juga telah memukau kami dengan keinginannya untuk belajar. Kami percaya sikap mental itu dapat membantu Nathan untuk terus berkembang di masa depan,” tulis pernyataan dari Tottenham Hotspur.

Seperti diketahui, bakat besar Nathan Fariel ditemukan tim Global Football Coaching AIA Junior Cup di Jakarta pada ajang yang diikuti.

Nathan bersama 11 pemain terbaik lainnya dipilih untuk mengikuti kamp pelatihan Elite AIA-Tottenham Hotspur di Thailand.

Tak cukup sampai disitu, bakat sepak bola Nathan mampu membuat tim pelatih junior Tottenham Hotspur memberikan kesempatan untuk berlatih di dua kamp elite berikutnya.

Pada tahun 2019, Nathan mendapatkan kesempatan langka menyaksikan pertandingan kandang Tottenham Hotspur secara langsung saat berhadapan dengan Everton.

Bahkan, Nathan mendapatkan kesempatan berharga karena bisa berfoto bersama bintang Tottenham Hotspur, Son Heung-min.

Pada Mei 2020, Nathan berhasil terpilih untuk berpartisipasi dalam sesi teknis daring bersama program Tottenham Hotspur Global Football Development.

Dalam kegiatan ini, Nathan membuat video yang mendemonstrasikan berbagai teknik yang ditonton secara daring oleh sekitar 100.000 pemain dan pelatih.