Bursa Transfer Liga 1 Dibuka Hari Ini

Bursa transfer Liga 1 2020 resmi dibuka pada Senin, 21 September. Hal ini berdasarkan surat yang dikirimkan PSSI kepada anggota mereka, yakni klub yang berkompetisi di Liga 1 dan Liga 2.

Surat tersebut bernomor 1916/UDN/601/IX-2020, ditandatangani plt. sekjen Yunus Nusi, dan dikirimkan bersama lampiran mengenai persetujuan dari FIFA selaku induk federasi sepakbola dunia.

Awalnya bursa transfer paruh musim dibuka pada 21 Juli hingga 19 Agustus, hal ini akhirnya berubah karena Liga 1 sendiri ditangguhkan pada 16 Maret karena pandemi virus corona yang melanda.

“Oleh karena itu, PSSI telah memohon perubahan TMS (Transfer matching system) periode dua tahun 2020 kepada FIFA Players’ Status, Legal & Compliance Divisions,” tulis PSSI dalam surat.

“Karena TMS periode dua yang telah didaftarkan PSSI (sebelumnya, 21 Juli hingga 19 Agustus) tidak digunakan,” lanjut kalimat tersebut.

PSSI menerima persetujuan FIFA soal perubahan periode transfer tahap dua pada 16 September, dan FIFA mengabulkan dengan penetapan bahwa bursa transfer menjadi 21 September hingga 18 Oktober.

“Namun perlu diketahui, bahwa karena alasan teknis perubahan periode registrasi transfer tersebut tidak dapat dicantumkan dalam FIFA TMS karena akan melebihi jumlah periode pendaftaran sesuai dengan Regulasi Status & Transfer Pemain FIFA,” tutup surat tersebut.

Perubahan periode transfer ini juga diduga karena desakan klub untuk memajukannya. Lantaran, tidak mungkin baru mengontrak pemain baru pada bulan ke-12 2020, atau Desember, dan hanya dikontrak selama dua bulan hingga Februari waktu Liga 1 2020 selesai.

Hal ini memang sempat mengundang tanda tanya dari berbagai kalangan pelatih Liga 1, karena dianggap aneh dan tidak semestinya. Seperti Robert Alberts dari Persib Bandung, yang menilai hal seperti ini tidak wajar.

“Jika itu benar, artinya masih ada beberapa orang yang mempunyai kekuatan di sepakbola Indonesia untuk mengubah keputusan,” ungkap pelatih asal Belanda berusia 65 tahun itu.

Pendapat lainnya hadir dari Jacksen Tiago selaku pelatih Persipura Jayapura. Ia sedikit heran kenapa kembali ada bongkar-pasang pemain padahal klub saat ini sebenarnya sedang mengalami masa sulit.

“Semua pelatih pasti mau menambah pemain. Tetapi apa alasan pemain pergi? Kesulitan klub untuk mempertahankan pemain yang ada. Saya tidak mengerti, mengapa bursa mau dibuka, sedangkan semua tim mengalami pemain pergi disebabkan aspek finansial,” beber dia.

Memang, beberapa klub kehilangan pemain asing mereka, bahkan pelatih asing mereka. Diduga hal ini terjadi karena masalah finansial yang menggelayuti klub Liga 1, dan penawaran pemangkasan nilai kontrak yang tak bisa diterima pemain asing.