Shopee Liga 1: Soal Kesiapan Stadion Sultan Agung Jadi Home Base

Tiga klub Shopee Liga 1 2020 sudah memilih Stadion Sultan Agung (SSA) Kabupaten Bantul sebagai home base. Ketiganya adalah Bali United, PSM Makassar, dan Persija Jakarta.

Terkait hal tersebut, Pemkab Bantul menegaskan agar pertandingan nanti harus digelar tanpa penonton dan semua punggawa tim harus bebas COVID-19.

Lebih lanjut dikatakan Helmi Jamharis, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bantul, hingga saat ini pihaknya belum menerima kepastian resmi terkait penggunaan SSA untuk menjadi salah satu venue saat Shopee Liga 1 2020 lanjut di bulan Oktober.

“Sampai sekarang kami belum dapat info resmi (kepastian penggunaan SSA). Sehingga sampai saat ini kami masih wait and see,” katanya saat dihubungi detikcom melalui sambungan telepon, Jumat (11/9/2020).

Menyoal kesiapan Pemkab Bantul apabila SSA resmi menjadi kandang dari ketiga tim tersebut, Helmi mengaku telah mempersiapkannya. Persiapan itu khususnya memastikan tim menerapkan protokol kesehatan secara ketat selama bermarkas di bumi Projo Tamansari.

“Jadi saya pernah baca surat edaran atau Pergub, bahwa salah satu lokasi yang berisiko tinggi terhadap penularan COVID-19 adalah stadion olahraga. Sehingga tentu kami berharap protokol kesehatan itu dilaksanakan secara ketat,” ujarnya.

Selain meminta tim Shopee Liga 1 2020 yang berkandang di Bantul untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat, Helmi menegaskan semua laga digelar tanpa penonton. Pemain hingga ofisial pun harus mengantongi surat bebas COVID-19 sebagai syarat tambahan.

“Terus kemudian kita berharap dengan situasi seperti ini tanpa penonton untuk menghindari kerumunan massa. Kalau perlu mereka (3 tim) yang datang ke Bantul ini betul-betul sudah dinyatakan negatif berdasarkan hasil swab yang telah dilaksanakan, harapan kami begitu,” ujarnya.

“Nanti kalau misal diminta rekomendasi dari gugus tugas, rekomendasi kami yang pertama adalah (pertandingan) tanpa penonton, yang kedua dari luar daerah Bantul harus sudah bebas COVID-19,” imbuh Helmi.

Terkait tempat tinggal sementara untuk ketiga tim tersebut, Helmi mengaku Pemkab belum mempersiapkannya. Mengingat hal tersebut masih menunggu keputusan tim.

“Belum, karena belum ada koordinasi jadi belum ada ke arah saya. Kalau PS Tira dulu tinggal (sementara) di Bantul tapi tidak tahu ini Persija (PSM dan Bali United) apakah tempat tinggalnya tetap di Bantul atau tidak belum diketahui,” ucapnya.

Shopee Liga 1 2020 rencananya bergulir kembali pada Oktober mendatang dan dipusatkan di Pulau Jawa. Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi lokasi favorit untuk tim luar Jawa. Selain tiga klub yang memutuskan untuk bermarkas di SSA, Persiraja Banda Aceh dan Borneo FC memilih Stadion Maguwoharjo sebagai homebase.

(krs/raw)