Persebaya Daftarkan Empat Penjaga Gawang pada Lanjutan Liga 1

Kiper utama Persebaya Surabaya tinggal menyisakan Rivky Mokodompit dan Angga Saputro. Padahal, dua kiper dinilai tidak ideal untuk mengarungi lanjutan Liga 1 2020.

Karena itu, Persebaya mulai menjajal kiper muda.

Saat ini, ada tiga kiper dari tim junior yang ikut latihan. Andhika Ramadhani dan Muhamad Ulul Arham dari tim U-20. Sementara itu, M. Fajar Ali Syahbana adalah kiper U-18. Mereka menemani dua kiper senior, Rivky dan Angga. Lalu, bagaimana performa tiga kiper muda tersebut? ’’Kami masih melihat bagaimana perkembangannya,’’ kata pelatih kiper Benny van Breukelen.

Benny punya alasan mengapa sampai mengajak tiga kiper muda berlatih. ’’Karena kami akan mendaftarkan empat kiper untuk Liga 1 2020,’’ jelasnya.

Dua tempat sudah pasti jadi milik Rivky dan Angga. Nah, dua slot sisa itulah yang akan diperebutkan tiga kiper muda tersebut. ’’Kemungkinan pekan depan sudah ada keputusan. Saya sudah ada gambaran (siapa yang akan dipilih),’’ tambahnya.

Tapi, menurut Benny, sejauh ini baru Andhika yang punya performa cukup bagus. Hal itu bisa dimaklumi. Sebab, saat masih libur, Benny sudah meminta Andhika untuk berlatih secara mandiri. Apalagi, Benny juga tidak asing dengan gaya bermain kiper 20 tahun itu. ’’Karena Andhika juga sudah pernah ikut latihan sama saya,’’ jelas mantan kiper Niac Mitra itu.

Sebelumnya, Andhika pernah berlatih saat Persebaya melakoni training center di Jogjakarta awal musim ini. Untuk Ulul dan Fajar, Benny melihat keduanya memiliki potensi.

Hanya, dia menilai Ulul punya masalah dengan berat badan. Benny melihat berat badan Ulul sudah over. ’’Ulul saya lihat punya prospek yang bagus. Tapi, saya minta berat badannya harus dikurangi paling tidak 5 kilogram lah. Itu yang saya pantau saat ini,’’ jelas mantan pelatih kiper PS Tira tersebut.

Hanya, secara keseluruhan, Benny tak menampik kondisi fisik pemainnya belum oke. ’’Belum cair. Masih kaku pergerakannya,’’ kata Benny. Karena itu, saat awal latihan, dia hanya memberikan materi ringan. ’’Hanya saya beri latihan bola bawah. Belum ada materi jumping atau yang lainnya. Saya takut mereka malah cedera,’’ terang pelatih asal Jakarta tersebut.

Kondisi itu pula yang dialami Rivky. Meski baru saja ikut berlatih dengan timnas, kondisi kiper 31 tahun itu belum fit. Maklum, setelah bersama timnas, dia sempat libur selama lima hari.

’’Padahal, kalau tiga hari nggak ada latihan, kondisi pasti akan drop,’’ ungkap Benny. Karena itu, secara perlahan Benny mulai mengembalikan kondisi fisik para kipernya. Dia berharap semua kiper dalam kondisi fit saat kompetisi dimulai.

Benny ingin cedera Ernando Ari jadi yang terakhir bagi anak asuhnya. Ernando memang baru saja menjalani operasi dislokasi bahu. Awalnya, dia diprediksi absen sampai empat bulan.

’’Sekarang Nando ditangani dokter spesialis. Kami tidak bisa mengharapkan Nando dalam waktu empat bulan ke depan, bahkan bisa lebih lama,’’ papar Benny.