Jacksen Tiago santai saja walau jadwal Liga 1 2020 ‘mepet’

Pelatih , Jacksen F. Tiago tak cemas dengan jadwal pertandingan mepet (waktunya sempit) seperti yang telah dirilis oleh operator kompetisi, PT Liga Baru (LIB). Di jadwal baru tersebut, setiap tim akan memainkan dua laga dalam waktu tak sampai seminggu.

Jacksen menuturkan, apa yang sudah tersusun di jadwal baru itu lazim. Ia menilai itu sebuah hal wajar. Apalagi, kompetisi sempat terhenti akibat pandemi Covid-19.

Pelatih yang akrab disapa Big Man ini berkaca pada kompetisi-kompetisi luar negeri, yang mana setiap tim terpaksa harus melakoni jadwal yang mepet untuk menuntaskan kompetisi sesuai agenda.

“Dengan kondisi seperti sekarang ini saya rasa sudah luar biasa, di Brasil saja kadang ada tim yang menjalani jadwal tiga kali dalam seminggu, begitu juga Liga Champions Eropa berapa waktu lalu. Sehingga saya rasa ini sesuatu yang wajar, jika kita berkaca pada kompetisi sepak bola yang ada di Eropa saya rasa tidak ada sebuah perbedaan yang mencolok,” ujar Jacksen via WhatsApp, Selasa (8/9/20).

Jacksen menilai jadwal yang sudah disusun oleh itu terbilang adil dan tidak merugikan siapa pun.

Jacksen pun sudah menyiapkan rencana untuk mensiasati kondisi skuadnya agar tetap bugar dalam melakoni jadwal pertandingan yang mepet.

“Kalau menurut saya jadwal baru ini sangat positif dan saya rasa sudah cukup masuk akal dan jadwal yang sehat. Tinggal dari kepintaran pelatih saja bagaimana mengolah waktu yang kita punya bagi pemain kami agar bisa menjalankan pertandingan dengan performa yang stabil dan prima. Saya sudah siapkan rencana untuk itu,” jelas Jacksen.

Sementara itu, kiper kedua Persipura, Gerri Mandagi mengaku sudah mengalami peningkatan selama dua pekan lebih menjalani TC di Kota Batu, Malang. Ia optimistis timnya akan mengarungi kompetisi dengan lancar.

“Fisik kita sudah mulai terbentuk dan dari segi taktik maupun teknik juga sudah ada peningkatan dan kita sudah mulai terbiasa lagi,” ujar Gerri.

Selain itu, , bek kiri Persipura juga mengaku progres timnya sudah kian membaik. Dirinya dan kolega sudah siap untuk melanjutkan kompetisi.

“Perkembangan dalam latihan kita selama dua pekan lebih sudah sangat bagus. Di sini (Malang), kondisi fisik kita juga sudah semakin bagus dan program latihan yang diberikan oleh pelatih sudah mengalami progres. Intinya kita sudah siap untuk melanjutkan kompetisi lagi,” kata Valentino.

Berdasarkan jadwal baru, skuad Mutiara Hitam akan melakoni tiap laga dalam rentang waktu empat sampai lima hari. Boaz Solossa dan kolega akan menghadapi di laga perdana pada 3 Oktober mendatang. (CR-4)

Berita Terkait