Pemusatan Latihan Ditunda Hingga 20 September, Pemain Timnas Indonesia U-16 Berlatih Virtual

Timnas Indonesia U-16 sudah diliburkan sejak pekan lalu, atau setelah beberapa pekan menjalani pemusatan latihan di Bekasi yang sudah dimulai pada 3 Agustus. Kini Marcel Januar Putra dkk. mendapatkan kesempatan libur dan kembali ke kampung halaman masing-masing.

Namun, libur tak membuat para pemain muda itu bisa bersantai. Program latihan jarak jauh tetap diberikan oleh tim pelatih yang dikepalai Bima Sakti.

Pelatih Timnas Indonesia U-16 itu memberikan latihan secara virtual dan mandiri yang wajib dilakukan oleh anak asuhnya. Hal tersebut disampaikan oleh asisten pelatih Timnas Indonesia U-16, Indriyanto Nugroho.

“Setelah menjalani TC selama tiga pekan di Bekasi, tim diliburkan selama tiga pekan ke depan. Namun, tetap ada virtual training selama dua kali seminggu, yakni pada Senin dan Jumat,” ujar Indriyanto Nugroho saat berbincang dengan Bola.com di Solo, Rabu (2/9/2020).

“Secara umum para pemain mengalami progres yang bagus, meski ada beberapa yang harus diperbaiki. Terutama kondisi fisik yang akan selalu kami pantau,” lanjut assiten pelatih Timnas Indonesia U-16 itu.

Menanti Kepastian Piala AFC U-16

Sementara itu, Timnas Indonesia U-16 juga masih menantikan kabar kepastian pelaksanaan Piala AFC U-16 2020 di Bahrain. Diketahui pelaksanaan turnamen tersebut kembali mengalami penundaan.

Semula ajang tersebut sedianya digelar pada 16 September dan akan berakhir 3 Oktober 2020. Lantas mengalami perubahan jadwal menjadi 25 November hingga 12 Desember 2020, dan kini kembali berpeluang ditunda karena masih merebaknya pandemi COVID-19.

Timnas Indonesia U-16 yang sedianya kembali menjalani latihan pada 6 September mendatang, kembali ditunda hingga tanggal 20 September. Meski harus mengalami penundaan, persiapan Tim Garuda Muda diyakini tetap maksimal.

“Kami masih menantikan 8 September nanti soal keputusan pelaksanaan Piala AFC U-16, dan menunggu arahan PSSI. Paling tidak ada waktu bagi kami untuk perbaikan, mungkin tambal sulam pemain,” jelas Indriyanto Nugroho.