Proses Adaptasi Timnas Indonesia U-19 Di Kroasia Berjalan Lancar

Bek timnas Indonesia U-19 Bagas Kaffa, menyatakan tidak menemui kendala dengan perbedaan cuaca di Kroasia. Ia menyebut saat ini dalam kondisi bugar sehingga mampu melahap seluruh materi latihan yang diberikan.

Sama seperti ketika pemusatan latihan (TC) digelar di Jakarta. Para pemain timnas Indonesia U-19 berlatih sehari tiga kali dengan rentang waktu pagi, sore, serta malam.

“Kami terus bekerja keras dan semangat selama di sini. Materi latihan dari pelatih sangat bagus, kami menjalankan latihan sesuai yang diinginkan tim pelatih. Selain latihan kami juga sudah siap menjalani beberapa laga uji coba di sini,” ucap Bagas dikutip laman resmi PSSI.

Timnas Indonesia U-19 juga bakal berpartisipasi dalam turnamen yang diikuti tiga negara, yakni Bulgaria, Arab Saudi, dan tuan rumah Kroasia. Agenda tersebut mulai berlangsung 5 sampai 11 September mendatang.

Setelah itu, timnas Indonesia U-19 melanjutkan uji coba dengan beberapa negara dan klub di Kroasia hingga akhir September mendatang. Lawan-lawan yang akan dihadapi yakni Qatar, Bosnia dan Herzegovina, serta Dinamo Zagreb.

“Saat ini perkembangan tim sudah semakin positif setiap harinya. Proses adaptasi pemain berjalan baik dan pemain selalu bekerja keras dan semangat terus. Kami meningkatkan intensitas latihan mulai hari ini dan berikan materi taktik dan lain-lainnya,” kata manajer pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong.

“Makanan dan fasilitas disini tidak ada masalah bagi kami. Soal lapangan, kami melakukan latihan di beberapa lapangan, jadi tidak hanya satu tempat latihan,” sosok asal Korea Selatan tersebut menambahkan.

TC di Kroasia sebagai persiapan timnas Indonesia U-19 jelang ambil bagian pada Piala Asia U-19. Akan tetapi, ajang tersebut kemungkinan ditunda karena federasi sepakbola Uzbekistan (UFA), mendapat surat dari AFC, yang mempertimbangan seluruh turnamen di Asia mulai dari Piala Asia U-16, Piala Asia U-19, hingga Piala Asia Futsal dijadwal ulang.

Bila Piala Asia U-19 ditunda, timnas Indonesia U-19 bakal melanjutkan pemusatan latihan di Eropa. Ada tiga negara yang disiapkan untuk menggelar agenda tersebut yakni Turki, Spanyol, dan Portugal.