Shin Tae Yong Belum Berhenti Cari Pemain Keturunan untuk Timnas U-19

Shin Tae Yong masih membutuhkan pemain ketuurnan di skuat Timnas Indonesia U-19, yang akan tampil di Piala Asia U-19 2020 dan juga Piala Dunia U-20 tahun depan.

closeSejuah ini pelatih asal Korea Selatan itu baru memanggil dua nama keturunan asal Inggris, mereka adalah Elkan Baggott dan Jack Brown. Keduanya sama-sama bermain di kompetisi sepak bola Inggris.

Elkan bermain di Ipswich Town U-18 sementara Jack ada di Lincoln City U-18. Keduanya memiliki darah Indonesia dari ibu mereka.

Keduanya bahkan memikat hati Shin Tae Yong dan nama mereka ada dalam skuat yang berangkat ke Kroasia untuk pemusatan latihan lanjutan.

Shin Tae Yong menolak pemain naturalisasi yang tak sama sekali memiliki asal-usul Indonesia atau keturunan.

“Memang kami sedang dalam pencarian (pemain keturunan Indonesia), tetapi saya tidak bisa mengungkap namanya. Jika waktunya tepat, pasti akan diumumkan,” kata Shin Tae-yong.

“Kami mencari pemain naturalisasi yang ada darah Indonesia (keturunan) untuk perkembangan sepakbola Indonesia memang perlu dan dibutuhkan pemain-pemain tersebut,” timpal Shin.

“Untuk (naturalisasi pemain Brasil) itu tidak ada sama sekali. Kami mau mencari pemain berdarah Indonesia di luar negeri, supaya sepakbola Indonesia bisa berkembang satu tingkat.”

Sebelumnya ada kabar bahwa PSSI ingin menaturalisasi lima pemain muda asal Brasil, namun dengan cepat hal itu dibantah oleh pihak federasi. Yang menyebut bahwa itu adalah program milik klub Liga 1.