Jika Piala Asia Ditunda, Timnas U-19 Akan Langsung ke Portugal

Kemungkinan penundaan ajang Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan sangat mungkin, karena pandemi virus corona belum mereda di kawasan Asia.

closeNamun Timnas Indonesia U-19 tetap melanjutkan persiapan mereka dengan berangkat ke Kroasia untuk pemusatan latihan lanjutan.

Jika sesuai rencana, Timnas U-19 akan langsung pergi ke Uzbekistan dari Kroasia untuk tampil di Piala Asia U-19, namun nampaknya PSSI sadar penundaan ajang itu oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) sangat nyata.

PSSI pun sudah menyiapkan rencana lain yakni untuk melanjutkan TC lanjutan timnas U-19 Indonesia kemungkinan di tiga negara, yakni Spanyol, Portugal, dan Turki.

Dari ketiga negara tersebut, Shin Tae Yong memilih agar timnas U-19 Indonesia bisa menjalani TC lanjutan di Portugal. Ia memiliki alasan tersendiri mengapa memilih negara Eropa barat itu.

“Kami sengaja pilih Portugal karena memang terbatas visa untuk bertahan di Kroasia. Dan di Portugal banyak lawan bisa diajak bertanding dan tim lebih kuat,” kata Shin Tae-yong di Stadion Madya, Senayan beberapa waktu lalu.

Saat pelepasan mereka ke Kroasia pada Sabtu (29/8) malam, pelatih asal Korea Selatan itu juga mengucapkan terima kasih kepada PSSI atas kesempatan yang diberikan sehingga tim dapat berlatih ke Eropa.

“Semoga langkah ini bisa menjadi pondasi kemenangan kesuksesan Indonesia di Piala Dunia U20 2021. Kamsahamnida,” kata pelatih yang membawa Korsel tampil di Piala Dunia 2018 itu.