Yoyok Sukawi Sindir Pemain Timnas untuk Tidak Makan Sembarangan

Anggota Komisi X DPR RI, Yoyok Sukawi meminta seluruh penggawa Timnas dan pemain profesional di Indonesia untuk menjaga pola makan demi karier sang pemain.

Menurut pria yang juga anggota Exco PSSI ini, makanan di Indonesia memang banyak yang berminyak dan berlemak. Namun, ia menghimbau bahwa sudah semestinya sekelas pemain Timnas mampu menjaga pola makan dengan memperhatikan gizi seimbang dan menjauhi makanan kurang sehat.

“Tidak bisa dipungkiri jika di Indonesia memang banyak makanan dengan kadar minyak yang cukup tinggi dan berlemak. Tetapi kalau kelasnya sudah pemain Timnas dan pemain profesional, seharusnya bisa mengontrol apa saja yang bisa dimakan,” ujar Yoyok Sukawi, Kamis (20/08/20).

Komentar anggota DPR RI Komisi X yang membidangi olahraga ini sebetulnya cukup beralasan. Pasalnya baru-baru ini di media sosial sempat viral adanya salah satu penggawa Timnas senior yang mengkonsumsi makanan dengan kadar minyak cukup tinggi.

Pemain tersebut yakni M. Riyandi, penjaga gawang asal Barito Putera. Namun pemain yang bersangkutan juga telah melakukan klarifikasi untuk tidak mengulang kesalahan yang sama.

Yoyok Sukawi sendiri mengaku bahwa komentarnya tidak ditujukan untuk satu dua pemain, namun kepada seluruh pemain dan atlet profesional di Indonesia.

“Statemen saya bukan untuk satu dua pemain. Namun untuk seluruh atlet di Indonesia karena masa depan dan kesuksesan atlet ada di tangan mereka masing-masing,” kata Yoyok Sukawi.

“Seperti di sepak bola, coach Shin Tae-yong sebetulnya juga sudah mengeluarkan aturan tegas bahwa setiap pemain Timnas dilarang makan makanan yang berminyak seperti gorengan. Ini harus jadi catatan dan koreksi bersama jika masih ada yang melanggar,” pungkasnya.