Jakmania Bojong Gede Punya Ratusan Anggota, Bersatu dengan Suporter Kabomania

Pendukung tim Persija Jakarta, The Jakmania menjadi salah satu kelompok yang mempunyai basis suporter besar dan banyak di Indonesia.

Bukan cuma di Jakarta, di wilayah penyangga Ibu Kota yakni Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek) juga sudah banyak tersebar anggota The Jakmania.

Salah satu wilayah yang sudah banyak dan tersebar anggota The Jakmania selain Jakarta yakni Kabupaten Bogor.

Salah satu wilayah di Kabupaten Bogor yang memiliki basis suporter banyak yaitu berada di wilayah Bojong Gede.

Ketua the Jakmania Bojong Gede, Katel, menjelaskan jumlah anggota yang ada di wilayahnya saat ini lebih dari 100 orang.

Namun, jumlah tersebut masih terus bertambah karena sudah banyak permintaan untuk bergabung menjadi anggota.

Sejatinya, terbentuknya Jakmania Bogong Gede ini sudah dari tahun 2009. Namun, dalam beberapa kesempatan sempat vakum.

Kini, Jakmania Bojong Gede sudah semakin besar dan semakin banyak dikenal menjadi salah satu paling loyal dalam mendukung perjalanan tim Macan Kemayoran di Liga 1.

“Kalau masalah nama itu dari anak-anak, kita sebenarnya ikut aja. Kita sempat vakum juga beberapa kali. Anggota kita sekarang itu sekitar 100 orang lebih,” kata Ketua Jakmania Bojong Gede, Katel.

Menurut Katel, jumlah anggotanya memang tidak sebanyak seperti yang dimiliki daerah-daerah lainnya.

Namun yang pasti, anggota yang dimilikinya saat ini sangat loyal dan memiliki mental kuat dalam memberikan dukungan kepada Persija Jakarta.

“Kalau saya ga peduli masa banyak atau sedikit, tapi saya pengen anggota itu harus loyal, kuat dan mentalnya harus baja,” ujarnya.

Anggota the Jakmania di wilayah Bojong Gede ini tersebar dibeberapa daerah yakni Bojong Gede Selatan, Bojong Timur, Karadenan, Jalan Baru dan masih banyak lagi.

Katel memastikan, anggota the Jakmania bisa diterima dengan baik oleh masyarakat yang ada di wilayah Bojong Gede.

“Kita di sana bisa diterima dengan baik karena dulunya emang sering bergaul,” tambahnya.

Katel mengungkapkan pernah memiliki pengalaman unik karena pernah ada bentrok antara the Jakmania dengan suporter Kabomania.

Di sisi lain, Katel merupakan salah satu pendiri suporter Kabomaia di wilayah Bojong Gede. Saat itu, Katel masih aktif membesarkan nama Kabomania di wilayahnya.

Pada suatu ketika, bentrok terjadi yang mempertemukan suporter the Jakmania dan Kabomania akibat ulah oknum. Katel akhirnya memilih untuk kembali fokus mendukung Persija Jakarta.

Hingga akhirnya, hubungan dari kedua keompok suporter itu sudah bersahabat dan saling menghargai satu sama lain.

“Awalnya Kabomania itu saya juga yang gedein. Dulu itu Persikabo berdiri di Divisi 3, kita bikin Kabomania di Bojong Gede. Kalau di tongkrongan namanya organisasi seperti ini jangan dilibatkan, karena masing-masing jalannya aja. Anak-anaknya juga sekarang saling respect saya lihat,” ujar Katel.

Lebih lanjut, Katel memiliki harapan besar organisasinya bisa semakin kompak dan lebih solid kedepannya.

“Harapan tetap solid aja semuanya jangan terpecah belah. Silaturahmi anak-anak juga bagus sekali. Ketuanya juga enak mudah bergaul,” tutupnya.