Ada Dua Formasi yang Disiapkan Shin Tae-yong untuk Timnas U-19

Banyak yang bertanya-tanya formasi apa yang akan digunakan pelatih dalam memimpin proyeksi U-20 2021. Juru taktik asal Korea Selatan itu telah memiliki dua opsi skema main.

closeOpsi pertama adalah formasi yang saat inni digemari oleh banyak tim, yaitu berporos pada 4-3-3. Dengan formasi ini, juga bisa beradaptasi menjadi 4-2-3-1 atau pun 4-3-2-1.

Bila bermain dengan formasi tersebut, tentu para pemainnya tak akan kesulitan. Pasalnya, sebagian dari nama-nama yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan (TC) saat ini sudah akrab dengan pola 4-3-3.

Pelatih timnas sebelumnya, , memakai formasi itu pula kala mendampingi tim sejak hingga timnas U-19. Pemain di bawah arahan pelatih asal Aceh tersebut kini mendominasi daftar panggil Shin.

Sementara itu, opsi kedua adalah formasi yang mulai ditinggalkan oleh banyak negara, termasuk .

“Saat TC di Thailand kami menggunakan formasi dengan tiga bek. Tentu saya harus beradaptasi denga formasi itu,” tutur Rizky Ridho Ramadhany, salah satu bek di timnas U-19 kepada Bolalob.

Tapi, Ridho meyakini jika persiapan lancar, maka setiap pemain dapat bermain dengan baik dengan formasi apa pun. “Yang jelas kami sebagai pemain akan selalu berusaha menjalani instruksi pelatih,” tutur bek Persebaya itu.

Berita Terkait