PSSI Lamban Ajukan Anggaran, Kemenpora Sudah Usulkan ke Komisi X DPR

Merasa terlalu lama menunggu proposal anggaran dari , Kemenpora mencoba mengajukan sendiri anggaran kepada Komisi X DPR terkait . Anggaran tersebut merupakan perkiraan dari dana yang bakal diminta PSSI.

Hal itu dijelaskan Sesmenpora . Dia mengungkapkan, pihaknya sudah menagih PSSI untuk segera menyelesaikan rancangan anggaran. Karena belum selesai juga, sembari menunggu, Kemenpora sudah menyiapkan dan mengusulkannya kepada Komisi X DPR. Sempat diusulkan pada rapat bersama DPR Kamis lalu (2/7).

Namun, soal berapa nominal yang diajukan, Gatot tidak mau menjawab. Alasannya, anggaran yang diajukan belum pasti disetujui DPR. Alias belum ketok palu. ’’Kami tidak etis mengungkapkan angka. Tapi, kalau ada yang menyebut dari pihak lain, itu haknya,’’ bebernya.

Ya, sebelumnya anggota Komisi X memang sempat menyebut berapa anggaran yang diusulkan Kemenpora. Pria yang juga anggota itu menyebut Kemenpora mengusulkan Rp 400 miliar untuk pelaksanaan U-20 dan Rp 100 miliar untuk persiapan .

PSSI memang sempat mengajukan anggaran kepada Kemenpora. Angkanya Rp 103 miliar–Rp 170 miliar. Angka itu diusulkan sebelum adanya pandemi korona beberapa bulan terakhir.

PSSI sudah melakukan revisi. Sudah memberikannya kepada Kemenpora beberapa pekan lalu. Namun, laporan itu ditolak Kemenpora dengan alasan tidak sesuai justifikasi yang diharapkan.

Nah, munculnya angka Rp 100 miliar untuk persiapan timnas bisa memunculkan polemik. Sebab, PSSI dipastikan meminta dana untuk persiapan timnas lebih dari itu. Gatot pun menjawab Kemenpora sudah punya bayangan berapa yang akan diusulkan dan bisa dipastikan tidak jauh-jauh dari proposal milik PSSI. ’’Dari sejak PSSI mengajukan proposal bolak-balik, kami sudah punya bayangan berapa kira-kira real-nya. Dari situ sudah kami tangkap sesuai dengan standar pemerintah,’’ paparnya.

Apalagi, Kemenpora sudah punya pengalaman untuk event internasional. Salah satunya Asian Games 2018. Karena itu, dirinya sangat yakin usul Kemenpora tidak akan jauh berbeda dengan punya PSSI. ’’Ibaratnya Asian Games itu baru kemarin sore. Meskipun tidak bisa dibandingkan dengan Piala Dunia U-20, tapi akan jauh berkurang,’’ katanya.

Yang pasti, Gatot menyebut, angka yang diusulkan Kemenpora bisa saja berubah. Sebab, DPR masih menggodok hal itu. ’’Masih dibahas di Badan Anggaran DPR. Setelah ada literal meeting antara kami, Bappenas, dan Kementerian Keuangan,’’ paparnya. (Jawapos)

Berita Terkait